Abstract :
Pangan ditingkat rumah tangga sudah mulai bergeser dari penggunaan makanan segar ke makanan beku. Perubahan tersebut disebabkan oleh perubahan gaya hidup manusia saat ini termasuk perubahan pola konsumsi makanan, sebagai akibat dari perbaikan kondisi sosial dan perubahan lingkungan. Suki frozen food yang dikenal khas makanan Jepang yang sudah diterima dan dikenal orang dari berbagai kalangan, Suki digemari karena kualitas yang sudah terjamin selain itu memiliki berbagai rasa daging dengan varian rasa yang unik dan enak.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi keakraban produk berupa pengetahuan produk, kemasan, dan lingkungan sosial pada pembelian Suki frozen food di Kota Makassar (2) Mendeskripsikan keakraban produk Suki frozen food di Kota Makassar (3) Mendeskripsikan keputusan pembelian produk Suki frozen food di Kota Makassar (4) Menganalisis pengaruh pengetahuan produk, kemasan, dan lingkungan sosial terhadap keakraban produk pada pembelian Suki frozen food di Kota Makassar (5) Menganalisis pengaruh keakraban produk terhadap keputusan pembelian Suki frozen food di Kota Makassar.
Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Suki frozen food dengan jumlah sampel 90 orang Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Kriteria konsumen produk Suki frozen food yaitu yang telah membeli minimal 2 kali dan berusia minimal 17 tahun, Metode analaisis data yang digunakan adalah deskripsi kuantitatif dan analisis Structural Equation Modeling- Partial Least Square (SEM-PLS.) .
Hasil penelitian ini menunjukaan bahwa (1) faktor yang mempengaruhi keakraban produk yaitu pengetahuan produk indikator rasa memiliki rata-rata kontribusi 84,9 dengan kategori sangat setuju, dan indikator daya tahan memiliki rata-rata kontribusi 78,3 dengan kategori setuju. Kemasan dengan indikator informasi memiliki rata-rata kontribusi 77,7 dengan kategori setuju dan indikator merek memiliki rata-rata kontribusi 88,1 dengan kategori sangat setuju. Lingkungan sosial dengan indikator gaya hidup memiliki rata-rata kontribusi 69,7
dengan kategori setuju, dan indikator teman atau keluarga memiliki rata-rata
kontribusi 71,1 dengan kategori setuju (2) Keakraban produk Suki frozen food
pada indikator tingkat konsumsi produk memiliki rata-rata kontribusi 77,5 dengan
kategori setuju, dan indikator kesukaan terhadap produk produk memiliki rata-rata
kontribusi 73,2 dengan kategori setuju (3). Keputusan pembelian Suki frozen food
yaitu pada indikator pengenalan kebutuhan memiliki rata-rata kontribusi 78,2
dengan kategori setuju, indikator evaluasi alternatif memiliki rata-rata kontribusi
72,4 dengan kategori setuju, indikator keputusan pembelian memiliki rata-rata
kontribusi 79,6 dengan kategori setuju, dan indikator evaluasi pasca pembelian
memiliki rata-rata kontribusi 77,8 dengan kategori setuju. (4). Pengetahuan
produk, kemasan dan lingkungan sosial berpengaruh signifikan terhadap
keakraban produk Suki frozen food di Kota Makassar (5). Keakraban produk
berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk Suki frozen food di
Kota Makassar.