Abstract :
Cita rasa, kualitas produk dan harga merupakan faktor yang saling
berhubungan dan berkontribusi dalam membentuk tingkat kepuasan konsumen
terhadap suatu produk. Jika cita rasa terpenuhi, kualitas produk memuaskan, dan
harga sesuai, kemungkinan besar konsumen akan merasa puas dan mungkin akan
menjadi pelanggan setia. Pisang nugget adalah olahan makanan berbahan dasar
pisang yang dipotong menjadi beberapa bagian kemudian digoreng dengan tepung
roti dan menggunakan berbagai topping di atasnya untuk menunjang inovasi
produk dalam menarik daya beli konsumen.
Tujuan pada penelitian ini yaitu, (1) Mendeskripsikan varian, volume
produksi dan penjualan produk pisang nugget pada usaha BB di Kota Makassar.
(2) Menganalisis tanggapan konsumen berdasarkan cita rasa, kualitas produk dan
harga pada usaha BB. (3) Menganalisis tingkat kepuasan konsumen pisang nugget
pada usaha BB. (4) Menganalisis pengaruh cita rasa, kualitas produk dan harga
terhadap kepuasan konsumen pisang nugget pada usaha BB.
Penelitian ini dilaksanakan di outlet BB yang berlokasi di Jl. Pongtiku, Jl.
Landak Lama dan Bumi Tamalanrea Permai yang berlangsung selama 3 (tiga)
bulan, yaitu dari April ? Juni 2023. Jumlah responden dalam penelitian ini pada
masing-masing outlet sebanyak 30 responden sehingga total responden yaitu 90
dengan pengambilan sampel menggunakan metode sampling purposif. Analisis
data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) produk pisang nugget BB
mempunyai 7 varian rasa yaitu choco (Rp. 25.000), cappucino (Rp. 25.000), green
tea (Rp. 25.000), palm sugar (Rp. 30.000), red velvet (Rp. 25.000), tiramisu (Rp.
25.000) dan choco white (Rp. 25.000) dengan berbagai tambahan topping yaitu
oreo, almond, cheese, kacang dan milo. Total produksi dan nilai penjualan selama
tiga bulan pada BB Outlet Pongtiku Rp.132.094.000 dengan penjualan tertinggi
yaitu varian choco sebanyak 1.379 pcs. Total produksi dan nilai penjualan selama
tiga bulan pada BB Outlet Landak Lama Rp. 117.620.000 dengan penjualan
tertinggi yaitu varian choco sebanyak 1.255 pcs. Total produksi dan nilai
penjualan selama tiga bulan pada BB Outlet BTP Rp. 106.600.000 dengan
penjualan tertinggi yaitu varian tiramisu sebanyak 1.196 pcs. (2) Cita rasa produk
pisang nugget memiliki total skor sebesar 773 yang artinya responden merasa
sangat setuju terhadap setiap item pernyataan pada variabel cita rasa. Total skor
variabel kualitas produk yaitu 724 yang artinya responden merasa sangat setuju
terhadap setiap item pernyataan pada variabel kualitas produk. Harga memiliki
total skor 763 yang artinya responden merasa sangat setuju terhadap setiap item
pernyataan pada variabel harga. (3) Variabel kepuasan konsumen memiliki skor
total 810 yang artinya responden merasa sangat setuju terhadap setiap item
pernyataan pada variabel kepuasan konsumen. (4) Cita rasa, kualitas produk dan
harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsume. Hal ini
menunjukkan bahwa seluruh variabel cita rasa, kualitas produk dan harga secara
individu berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Cita rasa, kualitas
produk dan harga secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan
konsumen.