Institusion
Universitas Muslim Indonesia
Author
Andi Mustamir Palisuri, Mustamir
Subject
S Agriculture (General)
Datestamp
2023-08-07 00:09:21
Abstract :
Layanan food delivery service berbasis aplikasi telah mengalami pertumbuhan
pesat di banyak Negara, termasuk Indonesia. Gjf dan Grf adalah dua platform
terkemuka dalam industri ini, yang menyediakan layanan pengiriman makanan dari
berbagai restoran dan pedagang lokal. Persaingan ketat antara Gjf dan Grf membuat
kepuasan konsumen menjadi faktor kunci yang mempengaruhi pertumbuhan dan
kesuksesan kedua platform ini.
Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Mengetahui karakteristik
atribut pada layanan Gjf dan Grf berdasarkan tingkat kepentingan. 2) Menganalisis
atribut yang dianggap penting oleh konsumen Gjf dan Grf. 3) Menganalisis tingkat
kepuasan konsumen Gjf dan Grf. 4) Menganalisis perbandingan tingkat kepuasan
konsumen Gjf dan Grf.
Peneltian ini dilakukan di Fakultas Pertanian, Universitas Muslim Indonesia.
Metode pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling
untuk memperoleh kriteria atau ciri-ciri sampel yang telah ditentukan. Jumlah sampel
pada penelitian ini sebanyak 100 mahasiswa konsumen Gjf dan Grf dengan
menggunakan rumus Lemeshow dengan kriteria pernah menggunakan layanan food
delivery pada aplikasi Gj dan Gr minimal dua kali pemesanan sehingga responden
dianggap faham dan memiliki wawasan tentang aplikasi tersebut. Data yang telah
didapatkan melalui penyebaran kuesioner secara online selanjutnya dilihat kualitasnya
dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas, setelah itu data diolah menggunakan
analisis deskriptif, analisis IPA, analisis CSI, dan Uji Mann Whiteney
Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa: 1) Karakteristik atribut layanan
tangible, emphaty, reliability, responsiveness dan assurance yang paling menonjol
pada Gjf adalah reliability dengan skor tertinggi sebesar 451 sedangkan pada Grf
adalah emphaty dengan skor tertinggi 400. 2) Atribut layanan yang dianggap penting
oleh konsumen Gjf pada kuadran I meliputi reliability, pada kuadran II meliputi
responsiveness, dan assurance, sedangkan atribut layanan yang dianggap penting oleh
konsumen Grf pada kuadran I meliputi responsiveness, pada kuadran II meliputi
emphaty. 3) Tingkat kepuasan konsumen menggunakan Gjf sebesar 86,60% yang
artinya berada pada kategori (sangat puas), sedangkan tingkat kepuasan konsumen
menggunakan Grf sebesar 80,88% yang artinya berada pada kategori (puas). 4)
Terdapat perbandingan yang signifikan antara kepuasan konsumen menggunakan Gjf
dan Grf