Institusion
Universitas Muslim Indonesia
Author
Nabila Nur Annisa, Nabila
Subject
S Agriculture (General)
Datestamp
2023-08-07 07:09:36
Abstract :
Bisnis Kedai Kopi atau Coffee Shop di Indonesia sangat berkembang pesat seiring meningkatnya konsumsi kopi dalam negeri. Budaya minum kopi kekinian belakangan ini di Indonesia sedang naik daun. Kopi sendiri adalah jenis minuman seduh yang sudah dikenal sejak zaman dulu. Kopi dahulu biasanya menjadi minuman wajib bagi para orang tua, kini kopi juga sudah menjadi minuman favorit anak muda terutama Kopi Kenangan dan Kopi Janji Jiwa Kedua kedai kopi ini sama-sama sudah meraih Top Brand di fase satu 2020. Brand Personality (kepribadian merek) adalah serangkaian karakteristik manusia yang diasosiasikan kepada merek Kopi Kenangan dan Kopi Janji Jiwa yang dapat dibedakan setiap kepribadian masing-masing brand kopi tersebut.
Tujuan pada penelitian ini yaitu, (1) Mengidentifikasi karakteristik konsumen Kopi Kenangan dan Kopi Janji Jiwa di Kota Makassar. (2) Mengidentifikasi jenis, harga & volume penjualan produk olahan Kopi Kenangan dan Kopi Janji Jiwa. (3) Mendeskripsikan proses produksi Kopi Kenangan dan Kopi Janji Jiwa. (4) Menganalisis Brand Personality Kopi Kenangan dan Kopi Janji jiwa. (5) Menganalisis komparasi Brand Personality Kopi Kenangan dan Kopi Janji Jiwa. (6) Menganalisis pengaruh karakteristik konsumen terhadap Brand Personality. Penelitian ini dilaksanakan pada Kopi Kenangan dan Kopi Janji Jiwa di Kota Makassar. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden yaitu 50 konsumen Kopi Kenangan dan 50 Kopi Janji Jiwa yang memiliki kriteria yang digunakan dalam pengambilan responden yaitu konsumen minimal dua kali memesan/membeli dan minimal telah berusia 17 tahun ke atas. Peneliti menggunakan metode analisis deskriptif, uji beda T-test, dan analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Rata-rata umur konsumen di
Kopi Kenangan yaitu umur 22 tahun sedangkan Kopi Janji Jiwa rata-rata umur 21
tahun. Mayoritas responden Kopi Kenangan dan Kopi Janji Jiwa berjenis kelamin
perempuan. Tingkat pendidikan, dominan pendidikan terakhir SMA yang banyak
mengunjungi Kopi Kenangan dan Kopi Janji Jiwa sedangkan yang paling jarang
mengunjungi yaitu pendidikan terakhir S1. Pekerjaan yang terbanyak adalah
Mahasiswa. Rata-rata pendapatan/uang saku per bulan untuk konsumen Kopi
Kenangan yaitu Rp.2.074.000 sedangkan untuk konsumen Kopi Janji Jiwa rata-rata
pendapatan/uang saku per bulan yaitu Rp.1.868.000. (2) Terdapat 16 varian produk
Kopi Kenangan dan terdapat 18 varian produk olahan Kopi Janji Jiwa. (3) Proses
pengolahan minuman kopi pada Kopi Kenangan dan Kopi Janji Jiwa yaitu:
pemilihan bahan baku yaitu berupa biji kopi, penggilingan hingga menjadi bubuk,
kemudian dilakukan pemilihan bahan tambahan berupa varian rasa, dicampurkan
dengan bahan tambahan varian rasa sesuai dengan ciri khas racikan Kopi Kenangan
dan Kopi Janji Jiwa, kemudian pengemasan produk menggunakan cup sealer, dan
produk siap disajikan kepada konsumen. (4) Nilai brand personality Kopi
Kenangan sebesar 2.673, nilai tersebut berada pada kategori baik, dan nilai brand
personality Kopi Janji Jiwa sebesar 2.322, nilai tersebut berada pada kategori cukup
baik. (5) Uji beda menggunakan Independent Sample T-test menunjukan nilai p
sebesar 0,00 lebih kecil dari pada 0,05 maka terdapat perbedaan Brand personality
antara Kopi Kenangan dan Janji Jiwa. (6) Hasil regresi menunjukkan jenis kelamin
(X1), usia (X2), pendidikan (X3), pekerjaan (X4) dan pendapatan (X5) secara
serempak berpengaruh signifikan terhadap brand personality (Y) Kopi Kenangan,
dan Kopi Janji Jiwa.