Institusion
Universitas Muslim Indonesia
Author
Muamar Faturrahman, Muamar
Subject
S Agriculture (General)
Datestamp
2023-08-08 23:59:47
Abstract :
Bawang merah merupakan salah satu komoditi holtikultura yang permintaannya
cukup tinggi di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendekrispikan proses
pengadaan komoditas bawang merah pada pedagang besar di Kecamatan Tallo,
Kota Makassar. 2) Mendekrispikan saluran pemasaran komoditas bawang merah
pada pedagang besar di Kecamatan Tallo, Kota Makassar. 3) Menganalisis marjin
pemasarn komiditas bawang merah pada pedagang besar di Kec.Tallo Kota
Makassar. 4) Menganalisis efesiensi pemasarn komiditas bawang merah pada
pedagang besar di Kecamatan Tallo, Kota Makassar. Populasi dari penelitian ini
yaitu pedagang besar bawang merah yang ada di Kecamatan Tallo, Kota Makassar.
Sampel diambil sebanyak 10 orang dengan kreteria pedagang besar bawang merah
sudah berdagang bawang merah dan sudah eksis dalam dunia pemasaran bawang
merah di Kecamatan Tallo Kota Makassar selamah 3 tahun pengalaman, Analisis
yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis marjin
pemasaran dan analisis efesiensi pemasaran. Hasil penjelasan menunjukkan, 1)
Pengadaan Bawang merah yang ada pada pedagang besar pada Kecamatan Tallo
berasal dari NTB (Nusa Tengara Barat) tepatnya Kabupaten Bima. 2) Saluran
pemasaran pedagang besar bawang merah pada Kecamatan Tallo memiliki dua
saluran yaitu saluran I pedagang besar menjual kekonsumen, sedangkan saluran II
pedagang besar menjual ke pedagang pengecer kemudian menjual ke konsumen. 3)
Marjin pemasaran pedagang besar bawang merah sebesar Rp. 5.000/kg, dengantotal
keuntungan pedagang besar sebesar Rp. 190.750.000, sedangkan untuk rata-rata
keuntungan pedagang besar sebesar Rp. 19.07.500. 4) Nilai efisiensi pemasaran
pedagang besar pada Kecamatan Tallo, Kota Makassar efisien, dengan nilai
efisiensi pemasaran sebesar 0,47%. Sedangkan untuk pedagang pengecer sebesar
0,13%.