Abstract :
Pasar tradisional dan pasar modern terdapat jenis tempat belanja yang berbeda, pasar tradisional selalu menjadi indikator nasional dalam memelihara stabilitas harga pangan untuk kebutuhan pokok. Pembangunan pasar modern dirasakan oleh banyak pihak berdampak terhadap keberadaan pasar tradisional. Pasar modern dikelola secara profesional dengan fasilitas yang serba lengkap, di sisi lain pasar tradisional masih dihadapkan dengan permasalahan klasik seputar pengelolaan yang kurang profesional dan ketidaknyamanan berbelanja. Hampir semua produk yang dijual di pasar tradisional dapat ditemui di pasar modern. Aspek harga pasar modern terkadang diopinikan lebih murah dari pada harga di pasar tradisional
Tujuan Penelitian ini yaitu, 1) Mendeskripsikan karakteristik konsumen keluarga milenial yang membeli di pasar tradisional dan pasar modern di Kota Makassar, 2) Menganalisis perbedaan tingkat preferensi konsumen antara keluarga milenial dalam keputusan pembelian produk pangan di pasar tradisional dan pasar modern di Kota Makassar, 3) Menganalisis faktor yang mempengaruhi preferensi konsumen keluarga milenial dalam pembelian produk pangan di pasar tradisional dan pasar modern di Kota Makassar.
Penelitian ini dilaksanakan di Kota Makassar dengan pertimbangan bahwa di Kota Makassar memiliki pasar tradisional dan pasar modern. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 (tiga) bulan yaitu dari bulan Mei 2023 sampai Agustus 2023. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling yaitu pengambilan sampel secara sengaja dimana peniliti menyebar koesioner kepada setiap konsumen yang berbelanja di pasar modern dan pasar tradisional selama penelitian, peneliti menetapkan jumlah responden yaitu 50 orang responden yang telah melakukan pembelian produk pangan di pasar tradisional dan 50 orang
responden yang telah melakukan pembelian produk pangan di pasar modern. Total
responden keseluruhan ada 100 responden.
Hasil penelitian menunjukkan, 1) Umur responden yang membeli produk
pangan pangan di pasar modern dan tradisional mendominasi yaitu 31 tahun dan
pasar tradisonal yaitu 29 tahun. Responden yang membeli produk pangan di pasar
modern dan tradisional mendominasi perempuan. Pendidikan responden yang
membeli produk pangan di pasar modern dan pasar tradisional di Kota Makassar
dominan berpendidikan tinggi. Pekerjaan pekerjaan responden keluarga milenial
yang membeli produk pangan di pasar modern dan tradisional di Kota Makassar
didominasi perempuan dan mayoritas pekerjaan yang berstatus sebagai PNS dan
ibu rumah tangga. 2) Skor jawaban responden yaitu sebesar 4.282, yang artinya
tingkat preferansi konsumenkeluarga milenial terhadap keputusan pembelian
produk pangan di pasar modern termasuk ketegori disukai/setuju. Skor yaitu
sebesar 4.157, yang artinya tingkat preferansi konsumen keluarga milenial terhadap
keputusan pembelian di pasar tradisional termasuk ketegori disukai/setuju. 3)
Signifikansi = 0,036, t < ? = dari 0,05 variabel kualitas berpengaruh signifikan
terhadap keputusan konsumen keluarga melenial dalam pembelian produk pangan
di pasar modern di Kota Makassar. Signifikansi = 0,005 t < ? = dari 0,05, variabel
faktor lokasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen keluarga
melenial dalam pembelian produk pangan di pasar modern di Kota Makassar.
signifikansi = 0,000t < ? = dari 0,05, variabel pelalyanan berpengaruh signifikan
terhadap keputusan konsumen keluarga melenial dalam pembelian produk pangan
di pasar modern di Kota Makassar. signifikansi = 0,000, t < ? = dari 0,05, variabel
harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen keluarga melenial
dalam pembelian produk pangan di pasar modern. signifikansi = 0,001, t < ? = dari
0,05, variabel faktor promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen
keluarga melenial dalam pembelian produk pangan. signifikansi = 0,002, t < ? =
dari 0,05, variabel faktor lokasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan
konsumen keluarga melenial dalam pembelian produk pangan. signifikansi = 0,001,
t < ? = dari 0,05, pelalyanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian,
signifikansi = 0,022, t < ? = dari 0,05 harga berpengaruh signifikan terhadap
keputusan konsumen keluarga melenial dalam pembelian produk pangan. 0,287, t > ? = dari 0,05, faktor promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen keluarga melenial dalam pembelian produk pangan