Abstract :
Tingginya tuntutan pekerjaan guru seringkali membuat mereka
mudah lelah ,cepat tersinggung dan mudah marah dalam bekerja. Guru
perlu beradaptasi dengan berbagai tuntutan pekerjaannya, jika tidak maka
guru dapat dengan mudah merasa stress dan terbebani, yang akan
berdampak negatif terhadap aktivitas, lingkungan serta produktivitas kerja.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor determinan kelelahan
kerja pada guru SMP Negeri di Kelurahan Baru diantaranya faktor umur,
status gizi, lama kerja, beban kerja dan tinggat stress kerja.
Penelitian ini menggunakan metode observasional analitik dengan
rancangan penelitian cross sectional. Populasi pada penelitian ini yaitu
sebanyak 75 orang guru SMP di Kelurahan Baru. Teknik pengambilan
sampel yang digunakan yaitu Proporsional Random Sampling dengan
jumlah sampel 64 orang. Adapun teknik pengumpulan data pada
penelitian ini terdiri dari observasi, wawancara, daftar pertanyaan,
laporan/dokumen. Model analisis data yang digunakan dalam penlitian ini
yaitu analisis univariat dan analisis bivariat dengan (nilai ?) sebesar 95%.
Jika Pvalue> 0,05, hipotesis penelitian ditolak. Sebaliknya, jika Pvalue ?
0,05, hipotesis penelitian diterima.
Dari hasil data uji statistic yang dilakukan menggunakan uji chi-
square pada variabel umur diperoleh nilai p=0,000 (p<0,05), dimana H0
ditolak dan Ha diterima. Pada variabel status gizi diperoleh nilai p=0,576
(p>0,05), dimana H0 diterima dan Ha ditolak. Pada variabel lama kerja
diperoleh nilai p=0,869 (p>0,05), dimana H0 diterima dan Ha ditolak. Pada
variabel beban kerja diperoleh nilai p=0,000 (p<0,005), dimana H0 ditolak
dan Ha diterima. Pada variabel tingkat stress kerja diperoleh nilai p=0,000
(p<0,005), dimana H0 ditolak dan Ha diterima.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan antara
umur, beban kerja dan stress kerja dengan kelelahan kerja pada guru
SMP Negeri di Kelurahan Baru serta tidak ada hubungan antara status
gizi dan lama kerja dengan kelelahan kerja pada guru SMP Negeri di
Kelurahan Baru. Di harapkan pada peneliti selanjutnya agar dapat
mengembangkan penelitian yang telah dilakukan dengan memfokuskan
variabel yang akan diteliti dengan metode berbeda.