DETAIL DOCUMENT
PENGARUH STORY TELLING MENGGUNAKAN AUDIO VISUAL TERHADAP TINGKAT KECEMASAN ANAK USIA PRA SEKOLAH AKIBAT HOSPITALISASI DI RSUD SYEKH YUSUF GOWA 2023
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muslim Indonesia
Author
Damayanti, Sri
Subject
RT Nursing 
Datestamp
2024-01-30 05:10:39 
Abstract :
Hospitalisasi atau rawat inap menyebabkan anak-anak prasekolah sering menangis, menolak makanan, obat-obatan, dan umumnya tidak kooperatif. Cemas yang dirasakan anak yang sedang menjalani perawatan bisa dikurangi melalui distraksi seperti terapi musik, terapi bermain, relaksasi juga story telling. Mendongeng atau story telling adalah teknik ampuh untuk mendistraksi anak dari kecemasan. dalam hal ini mendongeng dapat menyampaikan hal tertentu kepada anak sehingga anak dapat menunjukkan sikap kerja sama yang lbih baik. Penelitian ini menggunkan penelitian kuantitatif dengan jumlah populasi 186 dan 40 sampel, desain yang digunakan adalah pra eksperimen dengan pendekatan one group pretest and posttest design dan diuji menggunakan Paired T-Test. Terapi story telling audio visual di temukan 22 anak pra sekolah mengalami kecemasan ringan sebelum dilakukan intervensi dengan hasil (55,0%) dan setalah dilakukan intervensi story telling audio visual ditemukan 30 anak pra sekolah dirawat di rumah sakit tidak menderita gangguan kecemasan dengan hasil (75,0%).Berdasarkan analisis ditemukan p-value 0,000 < 0,05 dan nilai Z sebesar 9.427. Hasil membuktikan bahwa p-value lebih kecil dari alpha, sehingga HO ditolak, hal tersebut dapat dikatakan bahwa ditemukan perbedaan kecemasan pada anak pra sekolah sebelum dan sesudah terapi story telling. Diharapkan peneliti selanjutnya dapat memperbanyak jumlah sampel dan melakukan intervensi dengan media yang lebih baik. 
Institution Info

Universitas Muslim Indonesia