Institusion
Universitas Muslim Indonesia
Author
Ibnu Munzir Nurdin, Ibnu Munzir Nurdin
Subject
S Agriculture (General)
Datestamp
2024-01-30 07:48:23
Abstract :
Beras sebagai makanan pokok utama tersedia di seluruh pasar baik pasar modern, pasar tradisional, swalayan, dan kios beras. Persebaran tempat pembelian beras ini dikarenakan hampir setiap lapisan masyarakat membutuhkan beras. Pasar modern dan pasar tradisional keduanya menjadi sasaran pemasaran beras ada banyak aneka ragam pilihan merek dan jenis beras premium dipasar modern dan pasar tradisonal.
Penelitian ini memiliki tujuan (1) Mendeskripsikan karakteristik konsumen yang membeli beras premium dipasar tradisional dan pasar modern di Kota Makassar (2) Menganalisis jumlah pembelian beras premium oleh konsumen dipasar tradisional dan pasar modern di Kota Makassar (3) Mendeskripsikan tingkat kepuasan konsumen dalam membeli beras premium di pasar tradisional dan pasar modern di Kota Makassar (4) Menganalisis faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen dalam pembelian beras di pasar tradisional dan pasar modern di Kota Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus pada konsumen beras premium di Kelurahan Paropo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan yang dilakukan pada bulan Juli s.d Agustus 2023. Metode pemilihan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara sengaja (purposive random sampling) berjumlah 100 responden yang terdiri dari 50 responden pasar tradisional
dan 50 responden pasar modern.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil dari rekapitulasi karakteristik
konsumen yang membeli beras premium di pasar tradisional dan pasar modern di Kota
Makassar ialah umur 31 tahun, pekerjaan karyawan dan Pendidikan S1 (2) Hasil dari
rekapitulasi frekuensi pembelian konsumen yang membeli beras premium di pasar
tradisional dan pasar modern di kota Makassar ialah maksimum >5 kali pembelian dan
minimum 1-2 kali pembelian sehingga rata-rata pembelian yang dilakukan konsumen
ialah 1-2 kali pembelian beras premium (3) Berdasarkan hasil rekapitulasi tingkat
kepuasan konsumen dengan 3 indikator maka dapat disimpulkan bahwa responden
sangat puas dalam membeli beras premium baik di pasar tradisional maupun pasar
modern. (4) Secara Bersama variabel harga, kualitas produk, pelayanan dan lokasi
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen.