Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja RRI Makassar
dan PT. Radio Makassar Cipta Perdana (Delta FM) dengan pendekatan
balanced scorecard. Populasi dalam penelitian ini adalah laporan
keuangan perusahaan, seluruh klien dan seluruh karyawan RRI Makassar
dan PT. Radio Makassar Cipta Perdana (Delta FM), sedangkan sampel
dalam penelitian ini adalah laporan keuangan neraca dan laba rugi selama
4 (empat) tahun terakhir (2015-2018), 30 responden klien RRI Makassar
dan PT. Radio Makassar Cipta Perdana (Delta FM) yang diambil secara
insidental, serta 148 orang karyawan RRI Makassar dan 15 orang
karyawan dari Delta FM Makassar. Tehnik pengumpulan data dilakukan
dengan tehnik kuisioner dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui perspektif keuangan
nilai ROI yang diperoleh cukup baik dan nilai TATO terhitung cukup.
Sementara pada perspektif pelanggan dengan menggunakan indeks
kepuasan pelanggan, hasil menunjukkan bahwa nasabah puas atas
layanan yang diberikan. Untuk perspektif proses internal bisnis mengenai
inovasi dikategorikan baik, begitu pun pada perhitungan EMR yang
menunjukkan bahwa kinerja operasional pada proses internal bisnis sudah
efektif. Selanjutnya pada perspektif pembelajaran dan perkembangan
menunjukkan bahwa nilai indeks kepuasan karyawan berada pada
kategori puas.