DETAIL DOCUMENT
STRATEGI PENGEMBANGAN PASAR TRADISIONAL DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN DAN KEBERLANJUTAN USAHA (Studi Kasus Pada Pasar Tradisional Sabho Karya Alam di Kab.Buton)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muslim Indonesia
Author
Lestari, Siti Rahmawati
Subject
HF5601 Accounting 
Datestamp
2024-03-07 05:59:04 
Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami, menganalisis dan mengetahui strategi pengembangan yang tepat agar bisa diterapkan di pasar tradisional dalampeningkatan pendapatan dan keberlanjutan usaha para pedagang pada pasartradisional Sabho Karya Alam di Kabupaten Buton. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan ini peneliti menganggap bahwa terdapat keterkaitan antara permasalahan yang dibahas dengan tujuan yang ingin dicapai. Metode penelitian menggunakan analisis SWOT (Strenght- Weaknesses-Opportunities-Threats). Hasil penelitian berdasarkan analisis SWOT (Strenght-Weaknesses- Opportunities-Threats) menunjukkan bahwa Pasar Sabho Karya Alam memiliki kekuatan yang lebih signifikan daripada kelemahan. Hal ini dapat dimanfaatkan oleh pelaku usaha agar usaha yang dijalankan dapat terus meningkat dan berkembang. Strategi yang paling tepat yang bisa diimplementasikan oleh Pasar Sabho Karya Alam adalah strategi SO (Strengths-Opportunities), karena strategi ini bisa menggunakan kekuatan yang ada pada Pasar Sabho Karya Alam untuk memanfaatkan peluang yang ada yaitu dengan memanfaatkan komunikasi yang efektif dengan pedagang untuk memanfaatkan daya beli konsumen, mengoptimalkan lokasi pasar yang strategis, meningkatkan pelayanan yang ramah dengan memanfaatkan kebiasaan berbelanja dengan sistem tawar-menawar, dan memanfaatkan riset konsumen untuk merepon keluhan serta memanfaatkan bantuan pemerintah. 
Institution Info

Universitas Muslim Indonesia