Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami, menganalisis dan mengetahui
strategi pengembangan yang tepat agar bisa diterapkan di pasar tradisional dalampeningkatan pendapatan dan keberlanjutan usaha para pedagang pada pasartradisional Sabho Karya Alam di Kabupaten Buton.
Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kuantitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan ini peneliti menganggap
bahwa terdapat keterkaitan antara permasalahan yang dibahas dengan tujuan yang ingin dicapai. Metode penelitian menggunakan analisis SWOT (Strenght-
Weaknesses-Opportunities-Threats).
Hasil penelitian berdasarkan analisis SWOT (Strenght-Weaknesses-
Opportunities-Threats) menunjukkan bahwa Pasar Sabho Karya Alam memiliki
kekuatan yang lebih signifikan daripada kelemahan. Hal ini dapat dimanfaatkan
oleh pelaku usaha agar usaha yang dijalankan dapat terus meningkat dan
berkembang. Strategi yang paling tepat yang bisa diimplementasikan oleh Pasar
Sabho Karya Alam adalah strategi SO (Strengths-Opportunities), karena strategi
ini bisa menggunakan kekuatan yang ada pada Pasar Sabho Karya Alam untuk
memanfaatkan peluang yang ada yaitu dengan memanfaatkan komunikasi yang
efektif dengan pedagang untuk memanfaatkan daya beli konsumen,
mengoptimalkan lokasi pasar yang strategis, meningkatkan pelayanan yang ramah dengan memanfaatkan kebiasaan berbelanja dengan sistem tawar-menawar, dan memanfaatkan riset konsumen untuk merepon keluhan serta memanfaatkan bantuan pemerintah.