Institusion
Universitas Muslim Indonesia
Author
Nurul Humaerah, Nurul Humaerah
Subject
S Agriculture (General)
Datestamp
2024-03-28 00:37:51
Abstract :
Kehidupan masyarakat Bugis di Sulawesi Selatan khususnya di Pangkajene
tepatnya di Mandalle memiliki makanan khusus yaitu ?Dange? yang cukup
digemari masyarakat. Aspek penjualan kue Dange yang perlu diperhatikan ialah
kualitas produk harus mendapatkan perhatian khusus dari pihak penjual dalam
memasarkan produknya dikalangan publik khususnya produk kue Dange lokal
yang sering sekali dipasarkan memberi kepuasan terhadap konsumen, di butuhkan
beberapa faktor pendukung diantaranya adalah kualitas produk, harga, promosi
dan kualitas pelayanan. Beberapa faktor tersebut dapat digunakan sebagai acuan
untuk memberikan pelayanan yang baik.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan jenis, varian rasa, harga
dan menu kesukaan konsumen terhadap produk kue Dange. (2) Menganalisis
volume penjualan dan volume pembelian produk kue Dange. (3) Mendeskripsikan
kategori tingkat kepuasan konsumen terhadap produk kue Dange yang dipasarkan.
(4) Menganalisis pengaruh kualitas produk, pelayanan, variasi, suasana warung
dan harga terhadap kepuasan konsumen kue Dange di Desa Boddie, Kecamatan
Mandalle, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan.
Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling untuk
memperoleh criteria yang telah ditentukan tempat penelitian dan menggunakan
rumus lemeshow sehingga memperoleh 96 responden serta dibulatkan menjadi
100 responden sebagai sampel. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis
deskriptif, kuantitatif dan analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Jenis-jenis, varian rasa harga dan
menu kesukaan konsumen kue Dange yang ada di toko usaha kue Dange di Desa
Boddie, Kecamatan Mandalle, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan yaitu jenis
Dange hitam dan Dange putih. Varian rasa original, coklat, keju dan coklat keju.
Harga kue Dange Original Rp. 15.000/box sedangkan varian yang lainnya Rp.
20.000/box. Menukesukaan konsumen yaitu: kue Dange hitam dengan total 88 orang (88%) yang menyukai dari 100 sampel konsumen. (2) Rata-rata
peningkatan volume penjualan dari ke lima toko usaha kue Dange di Desa Boddie
yaitu sebesar 16%. (3) Skor variabel kualitas produk memiliki skor total sebesar
1.339 (kategori sangat puas). Skor variabel pelayanan memiliki skor total sebesar
2.429 (kategori sangat puas). Skor variabel variasi memiliki total skor sebesar
1.992 (kategori sangat puas). Skor variabel suasana warung memiliki skor total
sebesar 1.902 (kategori sangat puas). Skor variabel harga memiliki total skor
sebesar 1.949 (kategori sangat puas). Skor variabel kepuasan konsumen memiliki
skor total sebesar 1.388 (kategori sangat puas). (4) Berdasarkan uji-F (serempak)
diperoleh nilai 39.995 dengan signifikansi sebesar 0,00 < 0,05 artinya secara
serempak memiliki pengaruh singnifikan terhadap kepuasan konsumen pada
pembelian produk kue Dange. Berdasarkan uji-t (parsial) diperoleh nilai
probabilitas variabel kualitas produk (X1) sebesar 6.235 dengan signifikansi
0,000, pelayanan (X2) sebesar 2.465 dengan signifikansi 0,016, variasi (X3)
sebesar -2.536 dengan signifikansi 0,013, suasana warung (X4) sebesar 2.316
dengan signifikansi 0,023 dan harga (X5) sebesar 1.422 dengan signifikansi 0,158
dimana nilai probabilitas yang lebih kecil dari (0,05) taraf kepercayaan (95%)
artinya kualitas produk (X1), palayanan (X2), variasi (X3) dan suasana warung
(X4) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pada pembelian produk
kue Dange (Y) sedangkan harga (X5) tidak signifikan karena nilai probabilitas
lebih besar dari (0,05) karena harga yang ditawarkan pada menu original dan
menu yang memiliki varian rasa hampir sama.