DETAIL DOCUMENT
PENGARUH M A N A J E M E N S T R A T E G I : P E M A S A R A N D A N PENGEMBANGAN BERBASIS EKONOMI KREATIF DALAM UPAYA PENINGKATAN DAYA SAING TERHADAP PELAKU UMKM DI KOTA MAKASSAR
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muslim Indonesia
Author
Wulandari, Putri
Subject
HF5601 Accounting 
Datestamp
2024-04-04 06:31:32 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Pengaruh Manajemen Strategi: Pemasaran dan Pengembangan Berbasis Ekonomi Kreatif dalam Upaya Peningkatan Daya Saing terhadap Pelaku Umkm di Kota Makassar. Penelitian ini dilakukan di Kota Makassar dengan waktu penelitian selama 2 bulan yang dimulai dari bulan November sampai dengan bulan Desember 2023 . Populasi penelitian ini adalah jumlah pelaku UMKM sektor kuliner di 5 (Lima) kecamatan yang ada di Kota Makassar yang berdasarkan data dari Dinas Koperasi dan UMKM Kota Makassar pada tahun 2021-2022, dalam pemilihan sampel kami menggunakan teknik purposive sampling, sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan. Jenis data yang kami gunakan dalam penelitian ini yaitu data kuantitatif, sedangkan sumber data yaitu data primer. Untuk mengumpulkan data lapangan, penelitian ini menggunakan metode survei dengan cara menyebaran kusioner. Metode statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel strategi pemasaran berbasis ekonomi kreatif dan strategi pengembangan berbasis ekonomi kreatif berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan daya saing UMKM. 
Institution Info

Universitas Muslim Indonesia