Abstract :
Gadget merupakan alat canggih dengan berbagai aplikasi yang dapat menyajikan berbagai media berita, jejaring sosial, minat, bahkan hiburan. Usia pra sekolah dasar seharusnya tidak diberikan secara mandiri. Penggunaaan aplikasi yang tidak sesuai dengan usiannya akan berdampak negatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penggunaan gadget dengan tingkat fokus belajar di UPT SD Negeri 4 Bila Kabupaten Sidenreng Rappang. Desain penelitian cross sectional study yaitu penelitian yang menekankan satu kali pengukuran yaitu variabel independen dan variabel dependen yang diukur satu kali dalam satu waktu. Populasi penelelituan ini sebanyak 82 orang dan pengambilan sampel menggunakan metode total sampling. Penelitian ini menggunakan uji statistik dengan tingkat pemaknaan ?< (?=0.05). Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan pengggunaan gadget dengan tingkat fokus belajar anak di UPT SD Negeri 4 Bila Kabupaten Sidenreng Rappang (?=0,040) Kesimpulan dari penelitian ini ada hubungan penggunaan gadget dengan tingkat fokus belajar anak di UPT SD Negeri 4 Bila Kabupaten Sidenreng Rappang. Oleh karena itu melalui penelitian ini siswa disarankan agar menggunakan gadget tidak sering karena dapat mengurangi tingkat fokus belajar