Abstract :
Masalah utama dalam rumah sakit yang mempromosikan bauran
komunikasi pemasaran adalah kurangnya pemahaman tentang pasar
sasaran. Promosi merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan suatu
program pemasaran, seberapapun kualitas suatu produk bila konsumen
belum perna mendengarnya dan tidak yakin bahwa produk tersebut akan
berguna bagi mereka, maka mereka tidak akan perna membelinya.
Berdasarkan informasi rekam medis di Rumah Sakit Ibnu Sina YW-UMI Kota
Makassar, jumlah kunjungan pada bulan April hingga Juni 2022 sebanyak
4.418 orang, sedangkan pada bulan Juli hingga September 2022 sebanyak
5.317 pasien. Hasil ini menunjukkan bahwa kunjungan pasien telah
meningkat. Eksplorasi ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Bauran
Komunikasi dengan Minat Kembali Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Ibnu
Sina YW-UMI Kota Makassar.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain
cross sectional sectional study yang diharapkan dapat menentukan
hubungan bauran komunikasi pemasaran dengan minat pasien kembali di
Rumah sakit Ibnu Sina YW - UMI Kota Makassar Uji Chi-Square digunakan
untuk menganalisis data.
Hasil Tidak Ada hubungan Periklanan (Advertising) dengan minat
kembali dengan perolehan nilai P= 1,000 (?>0,05). Ada hubungan promosi
penjualan (Sales Promotion) dengan minat kembali pasien dengan perolehan
nilai P= 0,043 (?>0,05).Tidak Ada hubungan penjualan pribadi (Personal
Selling) dengan minat kembali pasien dengan perolehan nilai P= 1,000
(?>0,05).Ada hubungan pemasaran langsung (Direct Marketing) dengan
minat kembali pasien dengan perolehan nilai P= 0,000 (?>0,05) Tidak Ada
xiv
hubungan hubungan masyarakat (Public Relations) dengan minat kembali
pasien dengan perolehan nilai P= 0,868 (?>0,05). Ada hubungan promosi
penjualan (Sales Promotion) dengan minat kembali pasien rawat jalan
Rumah Sakit Ibnu Sina YW-UMI Kota Makassar Tahun 2023 dan Ada
hubungan Direct Marketing (Pemasaran Langsung) dengan minat kembali
pasien rawat jalan Rumah Sakit Ibnu Sina YW-UMI Kota Makassar Tahun
2023. Saran bauran komunikasi pemasaran terkait Sales Promotion Rumah
Sakit Ibnu Sina YW-UMI Kota Makassar lebih meningkatkan lagi promosi
kesehatan dan informasi pemeriksaan secara berkala.