Abstract :
Sejarah perkembangan kopi di Indonesia dimulai sejak abad ke 16. Saat itu Indonesia masih dalam kekuasaan penjajah Belanda. Pada tahun 1696, India mengirimkan bibit kopi Yemen atau Arabica kepada gubernur Belanda yang berkuasa di Indonesia untuk dikembangkan di Indonesia khususnya di Batavia. Kopi menjadi minuman yang terkenal di seluruh dunia. Dari sinilah muncul istilah kafe yang mengacu kepada kedai kopi/Cafe/Coffee shop. Istilah kata cafe berasal dari bahasa Perancis yang berarti kopi. Pengertian Coffee Shop sendiri adalah suatu tempat yang identik dengan meja-meja dan kursi yang tertata rapi dan juga sofa yang nyaman, menjual aneka varian kopi dan makanan kecil sebagai penunjang disertai alunan musik dan suasana nyaman yang dapat dirasakan oleh konsumen.Perkembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Coffee Shop menjadi suatu yang harus dikembangkan serta ditingkatkan setiap tahunnya sejalan dengan perkembangan perekonomian yang mengalami kenaikan dan penurunan dalam beberapa tahun ke terakhir. Perkembangan Coffee Shop dipengaruhi oleh karakterisitik wirausaha dan strategi pemasaran.
Tujuan Penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan karakter wirausaha UMKM Coffee Shop di Kelurahan Biringere, Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai, (2) Mendeskripsikan strategi pemasaran yang diterapkan UMKM Coffee Shop, (3) Menganalisis perkembangan UMKM Coffee Shop, dan (4) Menganalisis pengaruh karakter wirausaha dan strategi pemasaran terhadap perkembangan usaha UMKM Coffee Shop. Penelitian ini dilakukan pada UMKM Coffee Shop di Kelurahan Biringere, Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai. Penentuan jumlah sampel dengan motode sensus dan dilaksanakan wawancara secara langsung dengan responden sebanyak 32 owner UMKM Coffee Shop.Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif dan analisis regresi linear berganda. Analisis deskriptif kuantitatif digunakan untuk menjawab tujuan ke 1, 2 dan 3 analisis linear berganda digunakan untuk menjawab tujuan yang 4 yaitu untuk mengetahui pengaruh karakter wirausaha dan strategi pemasaran terhadap perkembangan UMKM Coffee Shop di Kelurahan Biringere, kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Karakter Wirausaha UMKM Coffe Shop di
Kelurahan Biringere, Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai termasuk dalam kategori
percaya diri dalam menjalankan usaha, berani mengambil risiko, memiliki komitmen untuk
mencapai tujuan berwirausaha, memiliki etos kerja yang sangat kuat terhadap aktivitas
berwirausha dan sangat mandiri dalam mengambil keputusan dalam menjalankan usaha Coffee
Shop-nya. (2) Strategi pemasaran secara signifikan dapat meningkatkan perkembangan
UMKM di Kelurahan Biringere, Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai memiliki kualitas
produk yang sangat berkualitas, harga yang terjangkau namun sesuai dengan kualitasnya,
promosi yang di lakukan sangat baik secara Offline maupun Online (Media sosial) dan
pemilihan tempat pada umumnya sangat strategis. (3) Perkembangan usaha UMKM Coffee
Shop di Kelurahan Biringere, Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai mengalami
peningkatan modal usaha rata-rata 30% - 59%, peningkatan omset penjualan rata-rata 0% -
29%, peningkatan keuntungan usaha rata-rata 0% - 29% dan peningkatan jumlah tenaga kerja
rata-rata 0% - 29% sejak awal usaha sampai saat penelitian.(4) Karakteristik Wirausaha dan
Strategi Pemasaran memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap Perkembangan
Usaha UMKM Coffee Shop di Kelurahan Biringere, Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai.