Institusion
Universitas Muslim Indonesia
Author
Fitria Yusvitasari Yusuf, Fitria Yusvitasari Yusuf
Subject
S Agriculture (General)
Datestamp
2024-07-23 05:23:36
Abstract :
Algren Indonesia adalah toko bunga yang terletak di Kota Makassar dengan konsep flower shop. Algren Indonesia sudah mampu menjual tanaman hias hingga luar daerah. Seiring dengan meningkatnya permintaan pasar juga ada kendala tentang pemasaran karena munculnya pesaing baru, sehingga perlu strategi pengembangan dalam pemasaran tanaman hias. Kemajuan teknologi memunculkan beragam media dalam memasarkan suatu produk, salah satu pasar digital yang ada di Indonesia adalah lokapasar (marketplace). Namun, tidak semua pengusaha tanaman hias mampu mengimplementasikan strategi pemasaran yang tepat, sehingga banyak usaha tanaman hias yang mengalami kesulitan untuk berkembang karena perputaran usaha yang lambat. Oleh karena itu, pentingnya mengetahui motivasi konsumen untuk memutuskan pembelian serta diperlukan strategi pengembangan agar usaha dapat menarik perhatian konsumen secara lebih luas.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan jenis-jenis dan harga tanaman hias di Toko Bunga Algren Indonesia. (2) Menganalisis tingkat motivasi konsumen yang berbelanja melalui lokapasar. (3) Menganalisis persentase volume penjualan pada lokapasar dan non lokapasar.(4) Mengidentifikasi faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi strategi pengembangan pemasaran tanaman hias melalui lokapasar. (5) Menganalisis strategi pengembangan pemasaran tanaman hias melalui lokapasar. Responden dalam penelitian ini adalah konsumen yang berbelanja melalui lokapasar di Toko Bunga Algren Indonesia sebanyak 100 orang dan informan dalam penelitian ini ialah 1 orang pemilik usaha dan 3 orang karyawan Toko Bunga Algren Indonesia. Metode analisis yang digunakan deskriptif, kuantitatif, analisis kuantitatif dengan menggunakan Skala Likert, dan analisis SWOT.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Total keseluruhan tanaman hias
berjumlah 82 tanaman hias, terdiri dari 13 kategori jenis tanaman hias yaitu
tanaman hias semak, tanaman hias aglonema, tanaman hias alokasia, tanaman hias
anthurium, tanaman hias bambu, tanaman hias bromelia, tanaman hias calathea,
tanaman hias sukulen dan kaktus, tanaman hias krokot, tanaman hias lidah mertua,
tanaman hias monstera, tanaman hias pakis dan tanaman hias philodendron. Range
harga tanaman hias yang dijual mulai dari harga Rp.10.000 ? Rp.1.000.000. (2)
Tingkat motivasi konsumen terhadap tanaman hias keseluruhan skor sebesar 5.038
dan berada di skala 3.268 ? 5.134 yang artinya motivasi konsumen terhadap produk
tanaman hias yang dipasarkan melalui lokapasar (marketplace) di Toko bunga
Algren Indonesia berada di tingkat kategori sedang. (3) Persentas\e volume
penjualan di Toko Bunga Algren Indonesia pada Lokapasar (Shopee, Tokopedia)
43% dan non lokapasar (offline) yaitu 57%, yang artinya penjualan di non lokapasar
lebih besar dibandingkan lokapasar. (4) Faktor internal dari pemasaran tanaman
hias melalui lokapasar yaitu tampilan produk,kualitas produk, promosi penjualan,
proses pemasanan, perhatian konsumen, kerusakan produk, dan tenaga kerja. Faktor
eksternal antara lain peminat, ulasan pembeli, perubahan perilaku, jasa kirim,
munculnya pesaing baru dan harga tanaman. (5) Berdasarkan analisis matriks
SWOT pemasaran tanaman hias menggunakan strategi agresif yaitu memanfaatkan
kekuatan untuk merebut peluang yang ada (SO) berada pada kuadran 1 yaitu
merupakan situasi yang sangat menguntungkan.