DETAIL DOCUMENT
Sikap dan Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sayuran Daun di Pasar Tradisional dan Pasar Modern di Pasar Terong, Pasar Toddopuli, Pasar Cidu dan Farmers Market di Kota Makassar
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muslim Indonesia
Author
Rasdar Marwan, Rasdar Marwan
Subject
S Agriculture (General) 
Datestamp
2024-08-07 07:07:46 
Abstract :
Keputusan pembelian merupakan suatu sikap konsumen terhadap satu pilihan merek produk yang terbentuk melalui evaluasi atas berbagai macam merek dalam berbagai pilihan yang tersedia. Seorang konsumen dalam menentukan pilihannya sangat dipengaruhi oleh banyak faktor, ada banyak faktor yang menyebabkan setiap konsumen mempunyai motif yang berbeda-beda dalam menentukan jenis sayuran yang akan dikonsumsinya, jumlah yang akan dibeli, harga yang dapat memuaskannya, waktu pembelian, tempat pembelian, dan lainlain Tujuan penelitian ini (1) Mendeskripsikan jenis sayuran daun yang paling banyak dibeli oleh konsumen di pasar tradisional dan pasar modern di kota Makassar. (2) Menganalisis sikap konsumen sayuran daun berdasarkan atribut sayuran daun yaitu kesegaran, kebersihan sayuran, tekstur, dan harga pada pasar tradisional dan pasar modern di kota Makassar. (3) Menganalisis sikap konsumen sayuran daun berdasarkan atribut pasar yaitu kebersihan pasar, keragaman, produk, sarana dan prasarana, dan pelayanan pada pasar tradisional dan pasar modern di Kota Makassar. (4) Menganalisis atribut sayuran daun dan atribut pasar yang menjadi pertimbangan utama konsumen pada pembelian sayuran daun di pasar tradisional dan pasar modern di Kota Makassar. (5) Menganalisis perilaku konsumen pada keputusan pembelian sayuran daun di pasar tradisional dan pasar modern di Kota Makassar. Sampel penelitian ini adalah konsumen pasar menggunakan rumus Lemeshow, jumlah sampel sebesar 96.04 dibulatkan menjadi 100 sampel. Setiap pasar berjumlah 25 responden setiap pasar total sampel 100 sampel. Penentuan sampel pada setiap pasar menggunakan metode insidental yaitu kepada setiap konsumen yang membeli sayuran daun yang memenuhi kriteria yaitu berusia 17 tahun ke atas dan telah membeli sayur daun minimal 2 kali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Jenis sayuran daun yang paling banyak dibeli oleh konsumen, baik pada pasar modern maupun pasar tradisional adalah sayur kangkung, kemudian bayam dan sawi. (2) Sikap konsumen berdasarkan atribut sayuran daun pada pasar tradisional mempertimbangkan kesegaran, kebersihan daun, harga dan tekstur. Sedangkan pada pasar modern mempertimbangkan lebih utama adalah kesegaran, tekstur, kesegaran daun dan harga. (3) Sikap konsumen berdasarkan atribut pasar pada pasar tradisional mengutamakan pelayanan, sarana dan prasarana, keragaman produk, dan kebersihan. Sedangkan pada pasar modern mempertimbangkan lebih dahulu kebersihan, sarana dan prasarana, pelayanan dan keragaman sayuran. (4) Atribut sayuran daun yang paling dipertimbangkan pada pasar tradisional adalah kesegaran dengan nilai Ao = 18,84 dan pada pasar modern juga atribut kesegaran dengan nilai Ao = 20,24. Selanjutnya atribut pasar yang paling dipertimbangkan pada pasar tradisional adalah pelayanan dengan total skor Ao = 18,59 dan pada pasar modern adalah atribut kebersihan pasar Ao = 19,70. (5) Perilaku konsumen sayuran daun terhadap keputusan pembelian pada pasar tradisional memberikan nilai kontribusi lebih tinggi pada semua tahap (pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, pembelian dan pasca pembelian) di bandingkan kontribusi pada pasar modern. Artinya konsumen lebih memilih berbelanja sayuran daun di pasar tradisional di bandingkan pasar modern. 
Institution Info

Universitas Muslim Indonesia