Institusion
Universitas Muslim Indonesia
Author
Ihwal Apandi, Ihwal Apandi
Subject
S Agriculture (General)
Datestamp
2024-08-14 07:40:14
Abstract :
Ketergantungan petani kakao di Desa Koroha,Kecamatan Kodeoha kepada
lembaga pemasaran menyebabkan perbedaan marjin pemasaran antara petani dan
lembaga- lembaga pemasaran yang terlibat dalam pemasaran hasil, dan masih
belum jelas peran dari masing-masing lembaga pemasaran serta bagaimana saluran
pemasaran terjadi didaerah penelitian dan efisiensi pemasaran yang ada.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan saluran pemasaran
kakao (2) menganalisis marjin pemasaran kakao (3) menganalisis pendapatan
pedagang pada pemasaran kakao (4) menganalisis efisiensi pemasaran kakao (5)
menganalisis farmer?s Share pada pemasaran kakao. Penelitian ini dilaksanakan di
Desa Koroha, Kecamatan Kodeoha, Kabupaten Kolaka Utara pada Bulan Mei ? Juli
2024. Populasi adalah pedagang lokal sebanyak 5 orang dengan menggunakan
metode snowball sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini
adalah analisis deskriptif kualitatif, analisis kuantitatif (ffisiensi pemasaran,
farmer?s share, margin pemasaran)
Hasil penelitian menunjukkan (1) Terdapat 1 saluran pemasaran kakao di
Desa Koroha, Kecamatan Kodeoha, Kabupaten Kolaka Utara yaitu Petani ?
Pedagang Pengumpul ? Pedagang Besar (2) Harga jual petani kakao kepada
pedagang pengumpul lokal sebesar Rp.90.000/kg, kemudian pedagang pengumpul
lokal menjual kepada pedagang besar seharga Rp.115.000/kg dan mendapatkan
marjin pemasaran sebesar Rp.25.000/kg. (3) Rata-rata keuntungan pedagang lokal
sebesar Rp.24.472/kg selama satu bulan (4) Pemasaran Kakao di Desa Koroha,
Kecamatan Kodeoha, Kabupaten Kolaka Utara Efisien (5) Nilai farmer shere pada
pemasaran kakao di Desa Koroha, Kecamatan Kodeoha, Kabupaten Kolaka Utara,
efisien.