Institusion
Universitas Muslim Indonesia
Author
Maharani, Cantika Mutmainnah
Subject
RA Public aspects of medicine
Datestamp
2024-09-24 01:51:39
Abstract :
Kepuasan pasien tergantung oleh kualitas pelayanan. Layanan
tersebut ialah segala usaha yang dilaksanakan tenaga kerja dalam
melaksanakan pemenuhan harapan konsumennya melalui jasa yang
mereka berikan. Masalah yang ditemukan oleh peneliti yaitu dimana
berdasarkan hasil pemantauan peneliti menemukan bahwa
akses/keterjangkauan layanan kesehatan yang masih kurang disebabkan
karena jarak tempat tinggal pasien cukup jauh, serta masalah kenyamanan
yang ditemuka perawat kurang cepat dalam melayani pasien dan masalah
kebersihan membuat pasien tidak merasa nyaman serta waktu tunggu
melayani pasien yang cukup memakan waktu. Sampel sejumlah 214
Responden. Analisis data dilaksanakan dengan univariat serta bivariat
melalui uji chi square guna menelaah variabel yang berhubungan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan
terhadap minat kunjungan kembali pasien rawat jalan di RS Ibnu Sina
Tahun 2023.
Hasil penelitian diperoleh nilai p=0,000<0,05 artinya ada hubungan
antara keterjangkauan/akses layanan kesehatan dengan minat berkunjung
kembali, nilai p=0,000<0,05 artinya terdapat hubungan antar kenyamanan
terhadap minat berkunjung kembali, dan nilai p=0,301 > 0,05 artinya tidak
terdapat hubungan antara ketepatan waktu terhadap minat berkunjung
kembali.
Disarankan RS IBNU SINA YW-UMI agar mampu mengembangkan
kualitas layanan yang dapat berpengaruh pada minat berkunjung kembali,
serta diperlukan pengembangkan kualitas pelayanan.