Institusion
Universitas Muslim Indonesia
Author
Ramadhana, Nur Annisa Al Waly
Subject
RA Public aspects of medicine
Datestamp
2024-09-24 01:51:48
Abstract :
Rumah sakit Benyamin Guluh Kabupaten Kolaka juga senantiasa
berupaya meningkatkan pelayanan sesuai dengan harapan pelanggan
untuk meningkatkan kepuasan masyarakat. Upaya ini akan sangat
berarti dan efektif bilamana upaya peningkatan mutu menjadi tujuan
sehari-hari dari setiap unsur termasuk pimpinan, pelaksana pelayanan
dan staf penunjang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuifaktor
yang mempengaruhi pemberian layanan kesehatan pada pelayanan
pasien rawat inap di RS benyamin Guluh Kab. Kolaka Tahun 2023.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan
cross sectional study. Populasi penelitian adalah seluruh perawat yang
ada di ruang rawat inap RS Benyamn Guluh Kab. Kolaka dan sampel
penelitian yaitu sebanyak 122 perawat di ruang rawat inap RS
Benyamin Guluh Kab. Kolaka dengan menggunakan teknik stratified
random sampling dan simple random sampling. Analisis data
menggunakan uji univariat, bivariat dengan menggunakan uji chi-
square dengan ? = 0.05, dan multivariat dengan menggunakan uji
regresi logistik berganda untuk mendapat variabel yang paling
berpengaruh diantara variabel lainnya.
Dari hasil penelitian diperoleh bahwa ada pengaruh memperoleh
perlindungan hukum terhadap pelayanan pasien yaitu (sig = 0.046), ada
pengaruh memperoleh informasi terhadap pelayanan pasien yaitu (sig =
0.008), ada pengaruh menerima imbalan jasa terhadap pelayanan
pasien yaitu (sig = 0.006), ada pengaruh kualitas pelayanan kesehatan
dengan pelayanan pasien yaitu (sig = 0.021), ada pengaruh fasilitas
kesehatan terhadap pelayanan pasien yaitu (sig = 0.043) dan variabel
yang paling berpengaruh diantara variabel lainnya adalah variabel
menerima imbalan jasa di ruang rawat inap RS Benyamin Guluh Kab.
Kolaka.
xxii
Kesimpulan dari penelitian ini adalah semakin bagus perlindungan
hukum yang didapatkan oleh tenaga kesehatan, maka pemberian
layanan semakin tinggi atau meningkat. Dengan memperoleh informasi
yang lengkap dan benar dari pasien, maka pasien mendapatkan
pelayanan yang sesuai dengan keluhan medisnya dan merasa nyaman
dengan pelayanan tersebut. Dengan menerima imbalan jasa yang
sesuai dengan kinerja perawat, semakin meningkatnya kinerja tenaga
kesehatan terhadap pelayanan pasien. Adanya pengaruh kualitas
pelayanan tenaga kesehatan memiliki dampak yang positif dan besar
terhadap kepuasan pasien serta sesuai dengan harapan pasien.
Dengan ketersediaan fasilitas kesehatan yang memadai, perawat dapat
melakukan tindakan medis dengan baik serta pasien merasakan
suasana aman dan nyaman dalam proses peawatan dan penyembuhan
pasien. Diharapkan perawat memberikan pelayanan terbaik karena
berdampak langsung kepada pasien