Abstract :
Waktu tunggu yang lama di antara pasien paling sering terlihat di
semua layanan kesehatan dan memainkan peran penting dalam berbagai
masalah kesehatan masyarakat yang mencakup berkurangnya akses ke
layanan perawatan kesehatan, gangguan pola kerja di pusat layanan
kesehatan, dan ketidakpuasan pasien. Tujuan penelitian ini untuk
mengetahui hubungan waktu tunggu pelayanan pendaftaran, pemeriksaan
obat di poliklinik dan pengambilan obat racikan & non racikan di rumah sakit
Ibnu sina yw-umi kota makassar Tahun 2024.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan
pendekatan cross-sectional. Populasi penelitian ini adalah rata-rata pasien
rawat jalan pada periode April Hingga Juni tahun 2023 dengan jumlah 6592
dan didapatkan sampel sebanyak 152 responden. Teknik pengambilan
sampel purposive sampling dengan survei menggunakan kuesioner. Data
diolah menggunakan analisis univariat dan bivariat, serta uji statistik chi
square.
Hasil penelitian menunjukkan hubungan signifikan antara waktu
tunggu pelayanan dan kepuasan pasien rawat jalan, baik bagi pasien BPJS
maupun umum di rumah sakit Ibnu Sina YW-UMI kota Makassar merupakan
salah satu aspek kritis dari pengalaman pasien. Hal ini berpotensi
mengurangi tingkat kepuasan pasien karena mereka merasa waktu mereka
tidak dihargai yang bisa menimbulkan ketidaknyamanan, kecemasan, atau
bahkan memperburuk kondisi kesehatan mereka.
Standar nilai p-value yang digunakan adalah 0,05 antara waktu
tunggu dengan kepuasan pasien rawat jalan yaitu pada pelayanan
pendaftaran pada uji statistik chi square dengan nilai p Value ( p=0,0001 ),
pemeriksaan obat di poliklinik diperoleh ( p=0,0113 ), waktu pengambilan
obat non racikan ( p=0,0000 ) dan pengambilan obat racikan ( p=0,0000 ).
Dari hasil hasil diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat
hubungan yang signifikan antara waktu tunggu pelayanan pendaftaran,
pengambilan obat non racikan dan racikan dengan kepuasan pasien rawat alan. Sementara untuk waktu tunggu pelayanan pemeriksaan dokter di
poliklinik tidak memiliki hubungan dengan kepuasan pasien rawat jalan di
Rumah Sakit Ibnu Sina YW-UMI Kota Makassar 2024