Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional,
kecerdasan intelektual, dan perilaku belajar terhadap tingkat pemahaman mata
kuliah auditing pada mahasiswa S1 akuntansi konsentrasi auditing Fakultas
Ekonomi dan Bisnis Universitas Muslim Indonesia.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dengan metode kuantitatif
dengan sumber data primer. Data penelitian yang diperoleh dari mahasiswa yang terdaftar di UMI dan mengambil jurusan akuntansi dengan konsentrasi auditing tahun angkatan 2020. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui survey dengan menggunakan kuesioner (angket). Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 68 responden yang ditentukan dengan metode purposive sampling. Metode analisis penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan software SPSS.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecerdasan emosional berpengaruh
positif dan signifikan terhadap tingkat pemahaman mahasiswa pada mata kuliah
auditing, kecerdasan intelektual berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat pemahaman mahasiswa pada mata kuliah auditing, dan perilaku belajar
berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat pemahaman mahasiswa pada mata kuliah auditing.