DETAIL DOCUMENT
PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, KECERDASAN INTELEKTUAL, DAN PERILAKU BELAJAR TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN MAHASISWA PADA MATA KULIAH AUDITING (Studi Empiris Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Muslim Indonesia)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muslim Indonesia
Author
Yanti, Firdha Dwi
Subject
HF5601 Accounting 
Datestamp
2024-10-10 03:23:08 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional, kecerdasan intelektual, dan perilaku belajar terhadap tingkat pemahaman mata kuliah auditing pada mahasiswa S1 akuntansi konsentrasi auditing Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muslim Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dengan metode kuantitatif dengan sumber data primer. Data penelitian yang diperoleh dari mahasiswa yang terdaftar di UMI dan mengambil jurusan akuntansi dengan konsentrasi auditing tahun angkatan 2020. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui survey dengan menggunakan kuesioner (angket). Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 68 responden yang ditentukan dengan metode purposive sampling. Metode analisis penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan software SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat pemahaman mahasiswa pada mata kuliah auditing, kecerdasan intelektual berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat pemahaman mahasiswa pada mata kuliah auditing, dan perilaku belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat pemahaman mahasiswa pada mata kuliah auditing. 
Institution Info

Universitas Muslim Indonesia