Abstract :
Digital marketing memiliki beberapa peranan yang sangat penting
dalam dunia bisnis modern. Begitu halnya dengan Rumah Sakit yang
dalam era digital ini, hampir semua orang terhubung dengan internet dan
menggunakan berbagai platform online, seperti mesin pencari, media
sosial, dan situs web yang dapat membuat mereka untuk menarik pasien
agar melakukan kunjungan ulang di rumah sakit. Ditemukan bahwa
kunjungan pasien umum rawat jalan di Rumah Sakit Pendidikan Unhas
dalam 3 bulan terakhir di tahun 2023 ialah 2.531 pasien. Berdasarkan
permasalahan yang dicari maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh pemasaran digital terhadap loyalitas melalui kunjungan pasien
di Rumah Sakit Pendidikan Unhas Kota Makassar.
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah
penelitian kuantitatif dengan memakai penelitian cross sectional yang
dilakukan dengan pengumpulan data pada saat bersamaan baik variabel
dependen maupun independen. Sampel pada penelitian ini merupakan
pasien rawat jalan dengan metode pembayaran umum di Rumah Sakit
Pendidikan Unhas Kota Makassar dengan total 126 responden.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa diketahui tidak ada
pengaruh antara digital goals and strategy dengan loyalitas pasien dengan
Uji parsial (Uji T) = 0,803, ada pengaruh antara digital audience dengan
loyalitas pasien dengan Uji Parsial (Uji T) = 0,048, tidak ada pengaruh
antara digital device dengan loyalitas pasien dengan Uji Parsial (Uji T) =
0,391, ada pengaruh antara digital platforms dengan loyalitas pasien
dengan Uji Parsial (Uji T) = 0,010, tidak ada pengaruh antara digital media
dengan loyalitas pasien dengan Uji Parsial (Uji T) = 0,742, ada pengaruh
antara digital data dengan loyalitas pasien dengan Uji Parsial (Uji T) =
0,003, dan tidak ada pengaruh antara digital marketing technology dengan
loyalitas pasien dengan Uji Parsial (Uji T) = 0,167.
Berdasarkan pembahasan hasil penelitian diketahui bahwa digital
goals and strategy, digital device, digital media, dan digital marketing
technology banyak responden memilih kurang setuju karena dianggap
masih kurang berkualitas, sehingga masalah yang didapatkan
kebanyakan pasien susah mendaftar online dan banyaknya pasien yang merasa pemasaran rumah sakit perlu memperhatikan perbaruan
promosinya di website. Sedangkan pada digital audience, digital
platforms, dan digital data kebanyakan responden memilih setuju bahwa
rumah sakit sudah mempertahankan komunikasi dan penyediaan media
sosial dengan menanggapi ulasan pasien sehingga datang secara
berulang dan melakukan komitmen.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh antara digital
audience, digital platforms, digital data dengan loyalitas pasien rawat
jalan. Disarankan kepada rumah sakit untuk mampu memperbaiki kualitas
digital goals and strategy dan digital device agar dapat diakses oleh
pasien rawat jalan dengan mudah, serta memperhatikan digital media dan
digital marketing technolgy agar dapat menarik pasien rawat jalan untuk
datang berulang dan loyal.