Abstract :
Pada saat ini perkembangan teknologi yang sangat cepat
memungkinkan setiap orang di masyarakat dapat mengakses internet.
Masyarakat berada di era digital karena internet mengubah aktivitas
manusia menjadi lebih digital. Tren digital tidak bisa dilepaskan dari
kehidupan masyarakat, oleh karena itu fasilitas pelayanan kesehatan perlu
menghadirkan pengalaman digital pasien atau digital customer experience
untuk pasiennya. Digitalisasi dapat mendorong pertumbuhan perusahaan
serta menciptakan efisiensi dengan kisaran 5% hingga 10%. Penelitian ini
bertujuan untuk mendapatkan informasi secara mendalam terkait digital
marketing dalam persepsi pengalaman pasien pada pasien umum rawat
jalan di Rumah Sakit Stella Maris Kota Makassar.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan
pendekatan deskriptif. Prosedur penelitian menghasilkan data-data
deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari individu, sekelompok
orang, dan perilaku yang dapat diamati. Lokasi penelitian di Rumah Sakit
Stella Maris yang terletak di jalan somba opu, kota Makassar, Sulawesi
Selatan. Informan penelitian ini adalah Kepala Humas dan Marketing, Staf
bagian Pengembangan media dan Customer care, serta Pasien umum dan
lama rawat jalan di Rumah Sakit Stella Maris Kota Makassar. Pemilihan
informan dilakukan dengan menerapkan metode pengumpulan data yang
berdasarkan pada pertimbangan khusus, seperti keahlian informan
terhadap subjek yang diteliti atau mempunyai jabatan tertinggi di instansi
terkait, sehingga dapat membantu peneliti dalam mendapatkan wawasan
yang lebih mendalam tentang obyek atau situasi sosial yang sedang
diselidiki.
Digital goals and strategy dirumah sakit dianggap membantu pasien
karena memudahkan mereka untuk berkomunikasi. Digital audiens
menunjukkan pasien merasa interaksi tersebut cukup baik meskipun ada
keluhan terkait kecepatan respon. Digital devices yaitu informan lebih memilih menggunakan ponsel untuk berkomunikasi dengan rumah sakit
walaupun tidak tau mengakses aplikasi atau portal kesehatan. Digital
platforms whatsapp adalah platform digital paling populer untuk berinteraksi
dengan dokter atau tenaga medis. Banyak pasien tidak aktif mengikuti
konten yang dibuat oleh digital media Rumah Sakit Stella Maris di platform
media sosialnya. Pasien merasa percaya dan aman terkait data digital
mereka. Digital marketing technology seperti website dan media sosial telah
memberikan dampak positif dalam meningkatkan komunikasi dan membuat
informasi lebih mudah diakses di rumah sakit.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah aspek digital goals and
strategy, digital data, dan digital marketing technology pada Rumah Sakit
Stella Maris telah mengumpulkan persepsi positif dari pengalaman pasien.
Sedangkan aspek dari digital audiens, digital devices, digital platforms, dan
digital media kurang mendapatkan atau masih memilki pemasaran yang
terbatas terhadap pengalaman pasien. Rumah sakit dapat melakukan
edukasi kepada pasien tentang penggunaan teknologi dalam meningkatkan
kualitas layanan dan kenyamanan dan menyediakan informasi yang jelas
tentang waktu tanggap yang diharapkan. Rumah sakit harus memastikan
bahwa portal pasien dapat dijangkau dan mudah diakses oleh pasien
maupun calon pasien serta melakukan pemantauan yang konstan dengan
adanya komitmen untuk meningkatkan kualitas rumah sakit dalam
menggunakan berbagai platforms media.