Abstract :
Akses layanan kesehatan yang baik dan mudah adalah salah satu
kebutuhan pasien di Indonesia, faktanya, 61,8% penduduk Indonesia
mengalami kesulitan mendapatkan layanan kesehatan. Digitalisasi
merupakan alternatif yang dapat memudahkan masyarakat dalam
mengakses fasilitas layanan kesehatan. Untuk itu strategi digital diperlukan
dalam mempromosikan layanan kesehatan untuk memperluas bisnis dan
memenuhi kebutuhan pasien serta meningkatkan pengalaman pasien.
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis Pengaruh Digital Marketing
Hospital Terhadap Pengalaman Pasien Di Rumah Sakit Stella Maris Kota
Makassar.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan
pendekatan cross sectional. Penelitian ini melibatkan pasien rawat jalan
yang menggunakan metode pembayaran umum di rumah sakit Stella Maris.
Jumlah sampel berjumlah 93 orang, yang diambil menggunakan rumus
Yount.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh Digital Goals dan
Strategy, Digital Data, dan Digital Marketing Technology terhadap
pengalaman pasien. Tidak terdapat pengaruh Digital Audience, Digital
Devices, Digital Platforms, Digital Media terhadap pengalaman pasien.
Penelitian ini menyarankan Rumah Sakit Stella Maris lebih
mempertahankan kualitas (Digital Goals dan Strategy) agar memenuhi
kebutuhan pasien melalui saluran digital. Rumah Sakit Stella Maris mampu
memperbaiki komunikasi (Digital Audience) dengan pasien agar
mendapatkan ulasan atau testimoni online terkait pengalaman yang mereka
dapatkan. Rumah Sakit Stella Maris mampu menyediakan (Digital Devices)
yang dapat diakses dengan baik dan mudah melalui gawai atau telepon
pintar pasien. Rumah Sakit Stella Maris mampu menyediakan (Digital
Platforms) yang mencakup aplikasi berbasis Android dan iOS yang
terhubung ke depan Unit Rumah Sakit Stella Maris dan dapat diakses
melalui ponsel pintar pasien atau gawai mereka. Rumah Sakit Stella Maris
meningkatkan (Digital Media) baik berupa promosi rumah sakit, edukasi
kesehatan, maupun informasi terkait rumah sakit agar menarik minat pasien untuk berkunjung di rumah sakit tersebut. Rumah Sakit Stella Maris
mempertahankan kualitas (Digital Data) dengan melindungi privasi dan
keamanan data pasien. Rumah Sakit Stella Maris mempertahankan (Digital
Marketing Technology) dengan memperbarui promosi layanan kesehatan
dari rumah sakit agar pasien selalu tertarik dalam mengakses website atau
sosial media rumah sakit.