Institusion
Universitas Muslim Indonesia
Author
BARUGA WECUDAI, ANDI BESSE
Subject
RA Public aspects of medicine
Datestamp
2024-10-29 02:58:38
Abstract :
Strategi digital marketing pada loyalitas pasien adalah pendekatan
yang dirancang khusus untuk memanfaatkan teknologi digital guna
mempertahankan dan meningkatkan hubungan jangka panjang antara
rumah sakit atau layanan kesehatan dengan pasien mereka. Strategi ini
bertujuan untuk membangun kepercayaan, meningkatkan kepuasan
pasien, serta mendorong pasien untuk tetap loyal terhadap pelayanan yang
diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi digital
marketing pada loyalitas pasien di Rumah Sakit Universitas Hasanuddin
Kota Makassar.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan pendekatan
deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber
data primer dan sumber data sekunder dengan jumlah informan sebanyak
7 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi,
wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Digital Goals and Strategy pada
loyalitas pasien kualitasnya masih kurang signifikan. Digital Audiences pada
loyalitas pasien masih belum sepenuhnya berhasil untuk meningkatkan
pasien loyal. Digital Devices pada loyalitas pasien masih belum dikatakan
sempurna karena perangkat digitalnya masih sering bermasalah. Digital
Platforms pada loyalitas pasien belum dikatakan berhasil secara signifikan
karena beberapa platforms digital rumah sakit kurang di andalkan. Digital
Data pada loyalitas pasien telah berhasil karena rumah sakit telah
memberikan keamanan data pasien. Digital Media pada loyalitas pasien
telah berhasil karena secara keseluruhan telah memiliki metode digital yang
dapat membantu meningkatkan pasien yang loyal. Digital Marketing
Technology pada loyalitas pasien dikatakan kurang berhasil karena
beberapa sistem yang masih perlu perbaikan sehingga pasien merasa
kurang dan tidak loyal.
Pada variabel digital goals and strategy terhadap loyalitas pasien di
rumah sakit universitas hasanuddin belum sepenuhnya berhasil
memengaruhi keputusan pasien untuk memilih atau kembali berobat di
rumah sakit tersebut,Pada variabel digital audiences terhadap loyalitas pasien di rumah sakit universitas hasanuddin belum sepenuhnya berhasil
meningkatkan loyalitas pasien. Konten yang dibuat belum cukup efektif
untuk membuat pasien merasa lebih loyal terhadap rumah sakit,Pada
variabel digital devices terhadap loyalitas pasien di rumah sakit universitas
hasanuddin secara keseluruhan tidak signifikan. Kendala teknis seperti
masalah jaringan atau kesalahan sistem sering mengganggu pengalaman
pasien dalam menggunakan perangkat digital tersebut,Pada variabel digital
platforms terhadap loyalitas pasien di rumah sakit universitas hasanuddin
sebagian besar pasien belum sepenuhnya mengandalkan platform digital
rumah sakit untuk keperluan mereka. Dengan demikian, rumah sakit dapat
memastikan bahwa platform digital memberikan nilai tambah yang
signifikan dalam pelayanan kesehatan pasien, dan meningkatkan pengaruh
strategi digital platforms terhadap loyalitas pasien secara keseluruhan,Pada
variabel digital data terhadap loyalitas pasien di rumah sakit universitas
hasanuddin masih ada masalah dengan aksesibilitas dan kemudahan
penggunaan. Pengembang web harus membuat situs mereka mudah
diakses dan mudah digunakan untuk memaksimalkan manfaat dari strategi
digital data. Ini akan memastikan pengalaman terbaik bagi semua
pengguna, termasuk pengguna baru,Pada variabel digital media terhadap
loyalitas pasien di rumah sakit universitas hasanuddin secara keseluruhan,
metode digital media di Rumah Sakit telah menunjukkan bahwa dapat
meningkatkan pengalaman pasien dan hubungan jangka panjang antara
rumah sakit dan pasien dengan meningkatkan akses informasi, efisiensi
pelayanan, personalisasi perawatan, dan kesadaran akan keamanan
data,Pada variabel digital marketing technology terhadap loyalitas pasien
di rumah sakit universitas hasanuddin belum menunjukkan pengaruh yang
signifikan dalam meningkatkan loyalitas pasien di rumah sakit tersebut.
Pasien cenderung lebih dipengaruhi oleh pengalaman pribadi mereka
dengan tenaga medis dan kualitas layanan langsung yang mereka terima.
Penelitian ini menyarankan Penelitian diperlukan Pengembangan
SDM Digital Marketing Prioritaskan pengembangan tim yang terlatih dalam
bidang digital marketing. Ini termasuk pelatihan dalam memahami perilaku
konsumen digital, penguasaan platform digital seperti website, media
sosial, dan analisis data,Perlu dipastikan bahwa situs web rumah sakit
mudah diakses, user-friendly, dan responsif. Hal ini akan membantu pasien
untuk dengan mudah mencari informasi, melakukan pendaftaran online,
atau mengakses layanan lainnya,Perlu dilakukan edukasi kepada pasien
tentang manfaat penggunaan teknologi digital dalam meningkatkan kualitas
layanan dan kenyamanan mereka selama perawatan.