DETAIL DOCUMENT
PENGARUH BAURAN PEMASARAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT. HARSINTA ISTANA ELECGTRONICS DI MAKASSAR
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muslim Indonesia
Author
Sari, Suci Afriani
Subject
HD Industries. Land use. Labor 
Datestamp
2020-12-08 07:02:15 
Abstract :
Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran yang terdiri atas product, price, place, dan promotion dan kualitas pelayanan yang terdiri atas tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan empati secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Serta faktor mana yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, baik itu untuk dimensi bauran pemasaran dan kualitas pelayanan serta keseluruhan variabel. Penelitian ini merupakan survei terhadap pelanggan PT. Harsinta Istana Electronics di Makassar. Unit analisis dalam penelitian ini adalah individual dengan sampel sebanyak 100 responden dan data di analisis menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan (uji F) bauran pemasaran dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Harsinta Istana Electronics di Makassar. Sedangkan secara parsial (uji t) Product yang berkontribusi paling dominan terhadap kepuasan pelanggan. Selain itu untuk dimensi bauran pemasaran, Product yang paling dominan berpengaruh dan untuk dimensi kualitas pelayanan, variabel Reliability yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Hasrsinta Istana Electronics 
Institution Info

Universitas Muslim Indonesia