Abstract :
ABSTRAK
Jannah, Roihatul. 2019. Pengaruh Kegiatan Meronce Dengan Media Kertas Dan Sedotan terhadap Perkembangan Motorik Halus pada Anak Kelompok B di TK ABA Weru Paciran Lamongan. Skripsi program Studi S1 Keperawatan, Universitas Muhammadiyah Lamongan. Pembimbing: 1) Dadang Kusbiantoro, S.Kep., Ns., M.Si. 2) Ati’ul Impartina, SST., M.Kes.
Periode penting tumbuh kembang anak adalah masa balita, karena pertumbuhan dasar akan mempengaruhi dan menentukan perkembangan anak selanjutnya. Perkembangan motorik halus anak ditandai dengan kelebihan menggunakan jari-jemari. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kegiatan meronce melalui media kertas dan sedotan terhadap perkembangan motorik halus pada anak kelompok B.
Desain penelitian ini menggunakan pra eksperimental one grup pretest-posttes design dengan uji wilcoxon. Sampel yang diambil sebanyak 41 responden yaitu anak kelompok B. Teknik sampling adalah Simple random sampling. Variabel independent adalah kegiatan meronce melalui media kertas dan sedotan dan variabel dependent adalah perkembangan motorik halus. Pengambilan data menggunakan kuesioner dan lembar observasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hampir seluruh anak mengalami perubahan sesudah diberikan kegiatan meronce melalui media kertas dan sedotan. Hasil uji statistik didapatkan nilai Z=-5,099b dengan ï²= 0,000, dimana ï²<0,05 sehingga Hï¯ ditolak. Artinya ada pengaruh kegiatan meronce melalui media kertas dan sedotan terhadap perkembangan motorik halus pada anak kelompok B.
Berdasarkan hasil tersebut, diharapkan anak kelompok B dapat menggunakan stimulus kegiatan meronce melalui media kertas dan sedotan untuk menstimulasi perkembangan motorik halus.
Kata kunci: Kegiatan Meronce Melalui Media Kertas dan Sedotan, Perkembangan Motorik Halus.