Abstract :
ABSTRAK
Amelia, Alfiana Riska. 2020 Pengaruh Pendidikan Kebencanaan dengan
Metode Playing Music Therapy Terhadap Pengetahuan Siswa Tentang
Gempa Bumi Di MI Tarbiyatut Tholabah Kranji Paciran Lamongan.
Skripsi Program Studi S1 Keperawatan Universitas Muhammadiyah
Lamongan. Pembimbing (1) Dadang Kusbiantoro, S,Kep., Ns., M.Si (2)
Hj. Siti Sholikhah, S.Kep., Ns., M.Kes
Kesiapan pengurangan resiko bencana sangat diperlukan khususnya dalam
menghadapi bencana gempa bumi karena masih rendahnya pengetahuan anak
sekolah dasar terkait kebencanaan. Tujuan penelitian adalah menganalisis
pengaruh pendidikan kebencanaan dengan metode playing music therapy
terhadapat pengetahuan siswa tentang gempa bumi MI Tarbiyatut Tholabah
Kranji Paciran Lamongan.
Desain penelitian ini adalah pra-eksperimental design dengan pendekatan one
group pretest posttest design. Populasi sebanyak 65 siswa, menggunakan teknik
total sampling. Data penelitian ini diambil mengginakan kuesioner pengetahuan
gempa bumi. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon dengan tingkat
kemaknanaan p= < 0,05.
Hasil penelitian menunjukan sebelum diberikan perlakuan 80% siswa memiliki
pengetahuan tentang gempa bumi cukup baik dan setelah diberi perlakuan 87,7%
siswa memiliki pengetahuan yang baik. Nilai signifikan P=0,000 artinya ada
Pengaruh Pendidikan Kebencanaan dengan Metode Playing Music Therapy
Terhadap Pengetahuan Siswa Tentang Gempa Bumi Di MI Tarbiyatut Tholabah
Kranji Paciran Lamongan.
Untuk mengatasi masalah pengetahuan gempa bumi, salah satu alternatif yang
dapat digunakan adalah memberikan pendidikan kebencanaan dengan metode
playing music therapy.
Keywords: Pendidikan Kebencanaan, Playing Music Therapy, Pengetahuan
Gempa Bumi