Abstract :
ABSTRAK
Sumiarti, Sri. 2020. Pengaruh Metode Pembelajaran Simulation With Body
Painting Terhadap Pengetahuan Pertolongan Pertama Luka
Bakar Pada Tingkat Pengetahuan Anggota Palang Merah
Remaja Di SMA Panca Marga 1 Lamongan. Skripsi S1
Keperawatan Universitas Muhammadiyah Lamongan.
Pembimbing (1) Dadang Kusbiantoro, S.Kep., Ns. M.Si (2) Hj. Siti
Sholikhah, S.Kep., Ns., M.Kes
Latar belakang: Luka bakar merupakan luka yang timbul akibat kulit terpajan
suhu tinggi, syok listrik atau bahan kimia. Dampak pengetahuan yang kurang
untuk mengatasi pertolongan pertama luka bakar akan mengakibatkan hal yang
fatal. Salah satu intervensi keperawatan untuk meminimalkan dampak tersebut
adalah dengan metode pembelajaran Simulation With Body Painting. Penelitian
ini bertujuan untuk melihat pengaruh metode pembelajaran Simulation With Body
Painting terhadap pengetahuan pertolongan pertama luka bakar pada tingkat
pengetahuan anggota Palang Merah Remaja di SMA Panca Marga 1 Lamongan.
Metode: Pra eksperimental one group pretest-posttest design dengan pendekatan
total sampling didapatkan 32 responden dengan menggunakan kuisioner.
Hasil dan analisa: Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon signed test nilai
p=0,000 dan nilai Z=-3,855. Artinya hampir seluruhnya anggota Palang Merah
Remaja memiliki pengetahuan cukup sebelum diberikan metode pembelajaran
Simulation With Body Painting, hampir seluruhnya anggota Palang Merah Remaja
memiliki pengetahuan baik sesudah diberikan metode pembelajaran Simulation
With Body Painting dan ada peningkatan pengetahuan setelah diberikan metode
pembelajaran Simulation With Body Painting.
Kesimpulan: Metode pembelajaran Simulation With Body Painting menjadi salah
satu alternatif dalam meningkatkan pengetahuan penanganan pertama luka bakar
anggota Palang Merah Remaja.
Kata kunci: Luka bakar, pengetahuan, simulation with body painting