Abstract :
ABSTRAK
Hidayah, Lidya Eka Yuni. 2020. Pengaruh Puzzle Sebagai Terapi Bermain
Terhadap Tingkat Perkembangan Sosial Anak Retardasi Mental.
Skripsi Literature Review Program Studi S1 Ilmu Keperawatan
Universitas Muhammadiyah Lamongan. Pembimbing (1) Arifal Aris,
S.Kep., Ns., M.Kes, (2) Dian Nurafifah, S.SiT., M.Kes
Retardasi mental adalah suatu keadaan dimana anak mengalami suatu
keterbatasan yang bermakna baik dalam fungsi intelektual maupun perilaku
adaptif yang diekspresikan dalam keterampilan konseptual, sosial dan praktis.
Anak yang mengalami retardasi mental akan mempengaruhi perkembangan
sosialnya, salah satu intervensi yang bisa dilakukan untuk meningkatkan
perkembangan sosial anak yaitu dengan puzzle sebagai terapi bermain. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh puzzle sebagai terapi bermain
terhadap tingkat perkembangan sosial anak retardasi mental. Penelusuran jurnal
nasional dan internasional dengan keyword dan menggunakan mesin pencarian 1)
DOAJ (Directpry of Open Access Journals) 2) OAL (Open Access Library) 3)
ARC Journals 4) Google Scholar. Dari penelusuran diseleksi hingga mendapatkan
10 jurnal yang di review. Didapatkan beberapa intervensi didalam review ini yang
dapat meningkatkan perkembangan sosial anak retardasi mental. Dengan
intervensi terapi bermain, terapi bermain puzzle, pola asuh orang tua,
psikoedukasi keluarga dan keterampilan sosial. Banyak intervensi yang telah
dikembangkan untuk meningkatkan perkembangan sosial anak salah satunya
adalah puzzle sebagai terapi bermain.
Kata kunci: Puzzle, terapi bermain, perkembangan sosial, retardasi mental.