DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN PELAYANAN RUMAH SAKIT BERBASIS SYARIAH DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG SHOFA RS. MUHAMMADIYAH LAMONGAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Lamongan
Author
ANITA, RAHAYU
Subject
RT Nursing 
Datestamp
2020-11-04 02:44:41 
Abstract :
ABSTRAK Rahayu, Anita. 2020. Hubungan Pelayanan Rumah Sakit Berbasis Syariah Dengan Kepuasan Pasien Di Ruang Shofa Rs. Muhammadiyah Lamongan. Skripsi Universitas Muhammadiyah Lamongan. Pembimbing: (1) Suratmi, S.Kep., Ns., M.Kep. (2) Nurul Hikmatul Qowi, S.Kep., Ns., M.Kep Dalam upaya meningkatkan pelayanan di Rumah Sakit, maka perlu dilakukan evaluasi dengan menilai kepuasan pasien. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pelayanan rumah sakit berbasis syariah dengan kepuasan pasien di Ruang Shofa RS. Muhammadiyah Lamongan.. Penelitian ini menggunakan desain korelasi analitik (Cross Sectional), dengan teknik Acidental Sampling didapatkan 50 pasien. Variabel independen adalah Pelayanan Berbasis Syariah dan variabel dependen adalah Kepuasan Pasien. Instrumen yang digunakan untuk kedua variabel tersebut adalah kuisioner tertutup, Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari 2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dari 40 responden yang menyatakan pelayanan syariah RS kategori puas hampir seluruhnya (80%) pasien puas yaitu sebanyak 32 responden dan sebagian kecil (20%) pasien merasa cukup puas yaitu sebanyak 8 pasien. Penelitian ini menggunakan program SPSS 16.0 For Windows menggunakan uji Spearmen Rank dengan diketahui nilai p-value = 0,011 berarti p < 0.05 dengan kekuatan hubungan rs= 0,756 artinya ada hubungan antara pelayanan rumah sakit berbasis syariah dengan kepuasan pasien di ruang shofa RS Muhammadiyah Lamongan. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan pasien di Ruang shofa Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan bisa lebih puas lagi dengan pelayanan berbasis syariah dan Penelitian ini dapat dijadikan sebagai acuan dalam meningkatkan pelayanan kesehatan sesuai dengan prinsip syariah sehingga kepuasan pasien bisa tercapai. Kata kunci: pasien, Pelayanan Syariah, Kepuasan 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Lamongan