Abstract :
ABSTRAK
Rahayu, Anita. 2020. Hubungan Pelayanan Rumah Sakit Berbasis Syariah
Dengan Kepuasan Pasien Di Ruang Shofa Rs. Muhammadiyah
Lamongan. Skripsi Universitas Muhammadiyah Lamongan. Pembimbing:
(1) Suratmi, S.Kep., Ns., M.Kep. (2) Nurul Hikmatul Qowi, S.Kep., Ns.,
M.Kep
Dalam upaya meningkatkan pelayanan di Rumah Sakit, maka perlu dilakukan
evaluasi dengan menilai kepuasan pasien. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui
hubungan pelayanan rumah sakit berbasis syariah dengan kepuasan pasien di
Ruang Shofa RS. Muhammadiyah Lamongan.. Penelitian ini menggunakan desain
korelasi analitik (Cross Sectional), dengan teknik Acidental Sampling didapatkan
50 pasien. Variabel independen adalah Pelayanan Berbasis Syariah dan variabel
dependen adalah Kepuasan Pasien. Instrumen yang digunakan untuk kedua
variabel tersebut adalah kuisioner tertutup, Penelitian ini dilakukan pada bulan
Februari 2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dari 40 responden yang
menyatakan pelayanan syariah RS kategori puas hampir seluruhnya (80%) pasien
puas yaitu sebanyak 32 responden dan sebagian kecil (20%) pasien merasa cukup
puas yaitu sebanyak 8 pasien. Penelitian ini menggunakan program SPSS 16.0 For
Windows menggunakan uji Spearmen Rank dengan diketahui nilai p-value =
0,011 berarti p < 0.05 dengan kekuatan hubungan rs= 0,756 artinya ada hubungan
antara pelayanan rumah sakit berbasis syariah dengan kepuasan pasien di ruang
shofa RS Muhammadiyah Lamongan. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan
pasien di Ruang shofa Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan bisa lebih puas
lagi dengan pelayanan berbasis syariah dan Penelitian ini dapat dijadikan
sebagai acuan dalam meningkatkan pelayanan kesehatan sesuai dengan prinsip
syariah sehingga kepuasan pasien bisa tercapai.
Kata kunci: pasien, Pelayanan Syariah, Kepuasan