Abstract :
ABSTRAK
Aprilia Tri Annisa. 2020. Hubungan Pendaftaran Online dan Offline dengan
Kepuasan Pasien : Literature Review. Program Studi S1 Keperawatan
Universitas Muhammadiyah Lamongan. Pembimbing 1 : Suratmi, S.Kep.,
Ns., M.Kep, Pembimbing 2 : Nurul Hikmatul Qowi, S.Kep., Ns., M.Kep
Kepuasan pasien adalah suatu pengukuran terhadap nilai pelayanan yang
telah diterima pasien dimana hal tersebut salah satunya dapat dipengaruhi oleh
kualitas pelayanan baik itu berupa jasa dalam memenuhi kebutuhan dan harapan
pasien. Jika pasien menyukai suatu pelayanan yang mereka dapatkan maka pasien
sudah merasakan kepuasan, sebaliknya apabila pelayanan yang mereka dapat
tidak sesuai dengan kebutuhan mereka dan berpindah memilih tempat lain maka
pelanggan tidak merasakan kepuasan.
Metode pendekatan penelitian ini yaitu literature review dengan
menggunakan 4 database meliputi Scopus, Scince Direct, Sage Journal, dan
Google Scholar untuk mencari artikel dengan kriteria inklusi dan eksklusi yang
sesuai. Artikel terbit mulai 2015-2020, fulltext, terdapat ISSN, Volume dan
Nomor Jurnal.
Setelah mengumpulkan data, semua data diseleksi sesuai dengan kriteria
inklusi dan eksklusi, kemudian diseleksi studi dengan menggunakan flow diagram
PRISMA 2009. Berdasarkan 10 jurnal yang terpilih didapatkan hasil bahwa ada
hubungan antara pendaftaran online dan offline dengan kepuasan pasien.
Berdasarkan 10 jurnal yang terpilih didapatkan hasil bahwa pendaftaran
online dan offline memiliki hubungan dengan kepuasan pasien. Pasien merasakan
puas pada pelayanan online dikarenakan pasien merasa mendapat kemudahan
dalam hal akses pelayanan pendaftaran. Kepuasan pada pendaftaran offline
disebabkan karena fasilitas yang memadahi, sehigga pasien akan merasa nyaman
dan tidak menghiraukan lamanya waktu tunggu pendaftaran.
Kata kunci : online registration, outpatient satisfaction