DETAIL DOCUMENT
MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI SMA NEGERI 2 LAMBU KABUPATEN BIMA TAHUN 2018/2019
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Mataram
Author
SAHBUDIN, SAHBUDIN
Subject
373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan 
Datestamp
2020-08-24 03:05:04 
Abstract :
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan hasil berfikir kritis, hal ini di sebabkan metode pembelajaran yang dominan menggunakan metode ceramah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pencapaian kategori kemampuan berfikir kritis siswa mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada kelas X IIX SMAN 2 LAMBU KABUPATEN BIMA dengan penerapan model berbasis masalah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang di laksanakan pada bulan januari 2019 dengan subjek penelitian 25 orang. Terdiri dari dua siklus masing-masing 2 kali pertemuan .Insturumen pengumpulan data yang di gunakan dalam ini adalah lembar observasi dan soal evaluasi data yang di peroleh dianalisais secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil peenelitian ini menunjukan bahwa siswa kelas X II 2 SMAN 2 LAMBU KABUPATEN BIMA mampu mencapai kategori kemampuan berfikir kritis dengan penerapan model pembelajaran berbasis masalah di mana di siklus 1 dan siklus 2 memperoleh hasil 100% .Hasil belajar kognitif pada siklus 1 mendapat nilai rata rata 60,25 dengan presentase 15% dan pada siklus 2 memperoleh rata-rata 69,75 dengan presentase 45% Kata kunci : Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran PPKn melalui model problem based learning di SMA Negeri 2 Lambu. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Mataram