DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL ( IPAS ) KELAS IV SDN 15 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2023/2024
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Mataram
Author
DESY, AYU PUSPITASARI
Subject
370 Pendidikan 
Datestamp
2024-09-27 09:23:13 
Abstract :
Pengaruh metode pembelajaran pjbl terhadapt motivasi belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui signifikansi pengaruh model pembelajaran project based learning terhadapt motivasi belajar siswa kelas IV SDN 15 Mataram. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi eksperimen design tipe Non-equavalen Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN 15 Mataram kelas ,IV A sebagai kelas eksperimen dan IV B sebagai kelas kontrol. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tehnik sampling jenuh dimana anggota populasi dijadikan sampel sebanyak 40 siswa, dengan jumlah sampel kelas eksperimen 20 siswa dan sampel kelas kontrol berjumlah 20 siswa. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, angket, dokumentasi. Bedasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa hasil uji t yang dilakukan thitung lebih besar dari ttabel (10.351>2,024), maka Ha diterima dan Ho ditolak, , dan dilihat dari nilai sig (Two-Sided p) < 0,05 = (0,01< 0,05) maka Ha diterima dan Ho ditolak, jadi sebagaimana kaidah dasar pengambilan keputusan dalam uji independent sample T-test dapat disimpulkan, bahwa ada pengaruh metode pembelajaran pjbl meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SDN 15 Mataram tahun pelajaran 2023/2024. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Mataram