DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DRAMATIC LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDN 27 MATARAM
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Mataram
Author
FATURAHMAN, FATURAHMAN
Subject
370 Pendidikan 
Datestamp
2024-09-26 08:09:28 
Abstract :
Model pembelajaran dramatic learning ini diharapkan melibatkan siswa sebagai pelakon sehingga memberikan pemahaman, pengertian, dan pengetahuan (materi yang diajarkan) melalui lakon. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran dramatik learning terhadap kemampuan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SDN 27 Mataram Tahun Ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini mengunakan penelitian quasi eksperimental designe dengan jumlah sampel 35 siswa kelas V di 27 Mataram, yang terdiri dari kelas V A berjumlah 17 sebagai kelas eksperimen dan V B berjumlah 18 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode observasi, angket dan dokumentasi dengan teknik analisis data yaitu uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesa. Berdasarkan analisis data bahwa hasil perhitungan pengujian hipotesis dengan bantuan program SPSS 20.00 for windows dengan menggunakan teknik uji Independent Sample T-Test pada taraf signifikansi 5%, diperoleh nilai t_hitung? t_tabel, dan nilai sig ? 0,05 (0.000 ? 0,05). Maka terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran dramatic learning terhadap kemampuan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SDN 27 Mataram. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Mataram