DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PjBL BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS 4 SD PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Mataram
Author
ADE, PUTRI DELVIA CAHYATI
Subject
370 Pendidikan 
Datestamp
2024-10-09 02:29:43 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran PjBL berbantuan media audiovisual terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD pada mata pelajaran Bahasa indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan Nonequivalent Control Group Desig. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan jumlah kelas yaitu kelas IVA dengan sampel 25 siswa yang akan menggunakan media audiovisual dan kelas IVB dengan sampel 23 siswa yang akan menggunakan media gambar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan tes berupa pilihan ganda (pretest dan Postest), observasi dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data, disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran PjBL berbantuan media audiovisual sebesar 80.60 sedangkan hasil belajar dengan model pembelajaran Direct Learning sebesar 70.43. Uji normalitas dengan nilai signifikasi >0,05 dikatakan berdistribusi normal, sedangkan untuk uji hipotesis dengan menggunakan uji t, diproleh data 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan model pembelajaran PjBL berbantuan media audiovisual lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan dengan model pembelajaran Direct Learning. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Mataram