Abstract :
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan bidang studi khusus disiplin ilmu yang dirancang untuk mengidentifikasi dan mengurangi masalah lingkungan tujuh rekomendasi dibuat dengan menggunakan pembelajaran berbasis projek.Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) dalam membentuk sikap kepedulian peserta didik terhadap lingkungan sekolah dan mengetahui bagaimana peran guru dalam mendukung implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) untuk membentuk sikap kepedulian peserta didik terhadap lingkungan sekolah. Penelitian ini bersifat deksripsi kualitatif yang artinya peneliti menganalisis dan menggambarkan secara mendetail tentang keadaan yang ada dilapangan, lokasi penelitian ini dilakukan di SMPN 3 Narmada, Desa Sedau Keru Kec.Narmada kabupaten Lombok Barat. Dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling subjek atau informanya adalah Kepala Sekolah, Waka Kesiswaan, dan Guru. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan secara langsung dilokasi penelitian mengenai implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) dalam membentuk sikap kepedulian peserta didik terhadap lingkungan sekolah di SMPN 3 Narmada. Analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian :1. Implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) dalam membentuk sikap kepedulian peserta didik.SMPN 3 Narmada berhasil membentuk sikap peduli peserta didik terhadap lingkungan sekolah guru-guru mengintegrasikan projek ini ke dalam kurikulum dengan materi tentang konsep gaya hidup berkelanjutan dan kegiatan praktis seperti:penanaman pohon, pengelolan sampah, serta projek kecil yang melibatkan peserta didik. 2. Peran guru dalam mendukung implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) untuk membentuk sikap kepedulian peserta didik. Dengan memberikan penjelasan, motivasi, bimbingan, dan materi pembelajaraan tentang lingkungan. Proyek P5 di SMP Negeri 3 Narmada berhasil meningkatkan kesadaran dan kepedulian peserta didik terhadap lingkungan serta mengintegrasikan pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Pancasila ke dalam kurikulum secara efektif.