Institusion
Universitas Muhammadiyah Mataram
Author
PUTRI, AMALIA SOFIATUL RAMADHAN
Subject
370 Pendidikan
Datestamp
2024-10-09 03:11:14
Abstract :
Keterampilan berbicara merupakan salah satu aspek penting dalam pengembangan diri siswa di sekolah dasar. Namun, seringkali siswa belum sepenuhnya memahami materi yang dijelaskan oleh guru, dan ketika berbicara, kalimat yang diucapkan seringkali kurang tepat dan benar. Metode sosiodrama dapat digunakan sebagai alternatif untuk mendukung pemahaman siswa dan merangsang kemampuan berbicara mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana penerapan metode sosiodrama terhadap kemampuan berbicara siswa kelas II SD pada materi menceritakan isi fabel mata pelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif, serta teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Sosiodrama tidak hanya membuat pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan, tetapi juga membantu siswa mengatasi rasa gugup, meningkatkan kepercayaan diri, serta memperbaiki keterampilan berbicara mereka melalui latihan yang relevan dan mendukung. Sosiodrama memungkinkan siswa untuk berlatih berbicara dengan lebih jelas, terstruktur, dan percaya diri dalam situasi sosial yang bervariasi. (2) penggunaan metode sosiodrama di kelas II menunjukkan dampak positif yang signifikan. Metode ini mendukung pengembangan keterampilan berbicara siswa melalui umpan balik dan refleksi. Dengan pendekatan interaktif dan diskusi yang memperkuat komunikasi dan partisipasi aktif. Observasi kualitatif mengungkapkan bahwa siswa merasakan manfaat substansial dari metode ini dalam pembelajaran.