Abstract :
Penelitian ini bertujuan adalah untuk menjelaskan bagaimana penggunaan media blog berbeda dari pendekatan konvensional dengan menggunakan buku paket siswa atau ceramah dalam mengajar siswa menulis cerpen di SMPN 1 Sape. Penelitian ini dirancang sebagai penelitian eksperimen. Data penelitian terdiri dari 32 siswa kelas VII C dari SMPN 1 Sape, yang diambil dari tes menulis cerpen yang dilakukan menggunakan media blog dan strategi konvensional (ceramah) yang diterapkan pada kegiatan pretes. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dan data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan rumus uji t.Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi penggunaan media blog efektif dalam pembelajaran menulis cerpen pada siswa Kelas VII C SMPN 1 Sape. Ini menunjukkan bahwa nilai yang diperoleh siswa sebelum menggunakan Media Blog meningkat setelah postest. Selain itu, hasil perhitungan nilai t digunakan untuk mengetahui keefektifan media blog ini. Perbandingan hasil kemampuan pretes dan postes menunjukkan bahwa nilai thitnng sebanyak 23,42 lebih besar daripada nilai ttabel 1,59. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis penelitian yang diajukan diterima, yaitu bahwa siswa Kelas VII C SMPN 1 Sape dapat belajar menulis cerpen efektif melalui penggunaan blog media.