DETAIL DOCUMENT
EKSISTENSI KORAN CETAK LOMBOK POST DI TENGAH PERSAINGAN MEDIA ONLINE (ANALISIS KONVERGENSI MEDIA)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Mataram
Author
RAHMAT, HIDAYAT
Subject
384 Penyiaran Radio 
Datestamp
2024-09-26 09:02:18 
Abstract :
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui eksistensi koran cetak Lombok Post di tengah persaingan media online, serta untuk mengetahui analisis konvergensi media dalam koran cetak Lombok Post di tengah persaingan media online. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan penelitian menggunakan teori konvergensi media dari Henry Jenskins yang berguna untuk gambaran penelitian dilapangan dan pembahasan hasil penelitian. Dan menggunakan teknik pengumpulan data berupa teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk memperoleh data langsung dari tempat penelitian. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa (1) Semenjak hadirnya media online memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap eksistensi koran cetak Lombok Post. Hal ini jugalah yang membuat eksistensi koran cetak Lombok Post semakin meredup, bisa dilihat dari jumlah produksi dan pendapatan yang dialami oleh Lombok Post mulai menurun jika dibandingkan dengan sebelum hadirnya media online. Oplah Lombok Post sebelum hadirnya media online rata-rata berkisar antara 12.000 sampai 15.000 eksemplar per hari. Sedangkan untuk range produksi sesudah adanya media online rata-rata berkisar antara 4.500 sampai 5.000 eksemplar per harinya, dan ini adalah data fluktuatifnya. (2) Untuk mengimbangi trend market dan mempertahankan eksistensi Lombok Post menerapkan konvergensi media sebagai strategi. Adapun konvergensi media yang diterapkan dalam koran cetak Lombok Post meliputi: portal berita online (website), e-paper, dan media sosial. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Mataram