DETAIL DOCUMENT
PENGARUH HAMBATAN SAMPING TERHADAP TINGKAT PELAYAN RUAS JALAN GAJAH MADA ( STUDI KASUS : PREMPATAN DEPAN KAMPUS UMM MATARAM )
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Mataram
Author
AGUS, SUPRIADI
Subject
624 Teknik Sipil 
Datestamp
2020-08-28 01:55:57 
Abstract :
ABSTRAK Sistem pengolahan tata guna lahan yang kurang maksimal cukup sering di jumpai beberapa wilayah di Nusa Tenggara Barat khusunya di Kota Mataram. Salah satu segmen jalan yang memiliki intesitas lalu lintas yang cukup padat adalah jalan Gajah Mada ( depan kampus universitas muhammadiyah mataram ), hal ini terjadi karena banyaknya kendaraan yang keluar masuk di sisi jalan. Selain itu banyaknya kendaraan yang parkir di badan jalan cukup membuat arus lalu lintas jadi semakin terganggu. Pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan langsung di arah jempong ke mataram dan arah mataram ke jempong jalan gajah mada kota mataram. Data di analisa mengancu pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia Tahun 1997. Hasil analisa hambatan samping senin jam 16.00-17.00 sebesar 536. Untuk arus lalu lintas tertinggi sebesar 1614 smp/jam, serta kapasitas Jalan Gajah Mada sebesar 5300 smp/jam. Sedangkan kecepatan rata-rata sebesar 34 km/jam untuk arah mataram ke jempong dan 37 km/jam untuk mataram ke jempong. Dari hasil analisis diketahui bahwa tingkat pelayanan jalan berada lokasi tinjauan adalah adanya aktifitas kampus dan pertokoan keluar masuk pada sisi kiri dan kanan jalan sehingga meningkatkan jumlah hambatan samping yang terjadi. Kata Kunci : Hambatan Samping Tingkat Pelayanan Jalan 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Mataram