DETAIL DOCUMENT
KAJIAN KEPUASAN DAN SISTEM PELAYANAN TERMINAL TIPE A SUMER PAYUNG SUMBAWA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Mataram
Author
DWI, MARIATUL
Subject
388 Transportasi Jalan Raya 
Datestamp
2020-08-28 02:45:19 
Abstract :
ABSTRAK Terminal sumer payung merupakan terminal tipe A yang berlokasi di Jl. Garuda, Labuhan Badas, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan terminal sumer payung kota sumbawa . Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Variabel penelitian adalah kepuasan pelanggan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara survey sirkulasi dan survey fasilitas pelayanan terminal. Metode analisa data menggunakan metode importance performance analisys (IPA) dan metode cheklist berdasarkan PM No.40 tahun 2015. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kepuasan penumpang/pelanggan terhadap kualitas pelayanan terminal sumer payung kota sumbawa dikategorikan (2,80-3,60) dengan hasil rata-rata skor nilai tingkat kepuasan X = (2,99). Tingkat kepuasan terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh terminal sumer payung kota sumbawa berdasarkan 6 ( enam ) dimensi adalah cukup memuaskan. Berdasarkan data hasil evaluasi pelayanan terminal ditinjau standar pelayanan penyelenggaraan terminal type A menunjukkan bahwa pelayanan di terminal sumer payung kota sumbawa tidak sesuai kriteria berdasarkan PM No.40 tahun 2015 dengan prosentase 46% fasilitas telah ada dan 54% belum ada. Hal ini dikarenakan wabah covid-19 sehingga terjadi pengunduran waktu untuk memperbaiki fasilitas-fasilitas terminal yang rusak dan belum ada. kata kunci : Terminal Sumer Payung, Importance Performance Analisys (IPA) 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Mataram