DETAIL DOCUMENT
STRATEGI GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENGHADAPI PERILAKU HIPERAKTIF SISWA KELAS V DI MI NW BADRUSSALAM SEKARBELA MATARAM TAHUN PELAJARAN 2020
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Mataram
Author
JAENUDIN, JAENUDIN
Subject
370 Pendidikan 
Datestamp
2020-08-29 04:16:09 
Abstract :
Metode penelitian ini bersifat deskriptif dan jenis penelitian ini adalah kualitatif.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi.Data dianalisis dengan langkah-langkah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan kriteria kredibilitas data langkahnya yaitu: ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pengecekan sejawat melalui diskusi. Penelitian ini bertujuan : 1) Mendeskripsikan strategi guru Akidah Akhlak dalam menghadapi perilaku hiperaktif dalam belajarnya di sekolah 2) Mendeskripsikan strategi guru Akidah Akhlak dalam menghadapi perilaku hiperaktif dalam interaksi sosial dengan temannya di sekolah. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Strategi guru menangani Akidah Akhlak dalam menghadapi perilaku hiperaktif dalam belajarnya menggunakan dua metode yaitu pertama, metode diskusi kelompok dan menempatkan anak yang hiperaktif di bangku yang paling depan dekat dengan guru. (2) Strategi guru Akidah Akhlak dalam menghadapi perilaku hiperaktif dalam interaksi sosial dengan temannya adalah dengan memfokuskan kembali perhatian siswa yang hiperaktif ketika sedang mengganggu teman dan juga pemberian kegiatan dengan melibatkan teman sebaya. Adapun kendala yang dialami guru dalam menangani anak yang mengalami hiperaktif adalah perilaku anak hiperaktif yang berbeda dengan yang lainnya mereka sering membuat kegaduhan dalam kelas, sulit untuk diam, mudah bosan saat berada dikelas, tidak mau mengikuti aturan, sulit untuk bekerja sama dan konsentrasinya sering terpecah. Kata Kunci: Strategi Guru Aqidah Akhlak dan Hiperaktif Siswa 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Mataram