Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam meningkatkan semangat belajar mengaji anak usia SD\MI.Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif.tehnik dan instrument pengumpulan data yaitu wawancara,observasi dan dokumentasi .pengujian validitas data menggunakan metode triangulasi sumber dan triangulasi tehnik.tehnik yang digunakan yaitu tehnik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. kesimpulan penelitian ini adalah (1) peran orang tua dalam meningkatkan semangat belajar mengaji anak usia SD\MI di Perumahan Muhajirin Asri 2 Terong Tawah,dalam meningkatkan semangat belajar mengaji anak: pertama memberikan dorongan agar anak semangat dalam belajar mengaji walaupun belummaksimal tetapi orang tua telah berupaya menyediakan ruang belajar anak,melengkapi sumber belajar juga memberikan sarana dan prasarana.kedua memberikan penghargaan atau hadiah jika anak berhasil dalam menghafal surah-surah pendek.penghargaan yang di berikan orang tua beragam mulai dari memberikan kalimat pujian, dan membelikan hadiah sesuah dengan keinginan anak ketiga menciptakan lingkungan yang kondusif atau nyaman, orang tua telah memberikan penerangan yang baik untuk belajar mengaji di rumah,dan juga telah berupaya memastikan lingkanyang tenang untuk belajar.keempat memberikan dukungan agar tidak mudah menyerah,orang tua memberikan perhatian dan bimbingan dengan membimbing lansung anak pada saat belajar mengaji dan juga memberikan nasehat agar tidak mudah menyerah dalam menegrjakan sesuatu yang menurut anak sulit.(2) semangat anak dalam belajar mengaji di rumah .orang tua telah berupaya semaksimal mungkin untuk menyediakan fasilitas penunjang belajar mengaji serta mencukupi sarana dan prasarana terutama ruagan khusus untuk anak belajar mengaji