DETAIL DOCUMENT
STRATEGI PENGEMBANGAN OBJEK WISATA AIR TERJUN SENDANG GILE PASCA GEMPA DI DESA SENARU KECAMATAN BAYAN KABUPATEN LOMBOK UTARA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Mataram
Author
SUARTINI, SUARTINI
Subject
302 Interaksi Sosial 
Datestamp
2021-06-22 07:26:24 
Abstract :
Pada bulan Agustus 2018 tahun lalu telah terjadi gempa yang mengakibatkan kerusakan terhadap destinasi-destinasi wisata di Lombok Utara khususnya pada obyek wisata air terjun Sendang Gile dan membutuhkan strategi pengembangan dari pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Utara untuk meningkatkan kunjungan wisatawan. Teori yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah teori bauran promosi dari Kotler dan Amstrong yaitu, periklanan (Adversiting), penjualan personal (personal selling), hubungan masyarakat (public relation) dan pemasaran langsung (direct marketing). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan narasumber dari pegawai Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lombok Utara, Ketua Kelompok woman Guide/ pemandu wisata wanita, guide dan koordinator penjaga loket. Pengumpulan data diakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data kemudian penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pengembangan obyek wisata air terjun Sendang Gile pasca gempa di Desa Senaru oleh Pemerintah Kabupaten Lombok Utara menggunakan bauran promosi yaitu periklanan, penjualan personal, hubungan masyarakat dan pemasaran langsung. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Mataram