DETAIL DOCUMENT
KUALITAS PELAYANAN MELALUI PENERAPAN ELEKTRONIC GOVERNMENT DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN LOMBOK BARAT TAHUN 2019
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Mataram
Author
DINDA, NURSAH YASTI
Subject
302 Interaksi Sosial 
Datestamp
2021-06-23 06:30:05 
Abstract :
Pelayanan publik merupakan pemberian layanan atas keperluan orang atau masyarakat sesuai dengan aturan pokok.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pemanfaatan (E-Government)dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lombok Barat tahun 2019.Teori yang digunakan untuk mendukung penelitian ini yaitu indikator kepuasan pelanggan dari Kenedy dan Young.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lombok Barat sudah menerapkan sistem E- Government.Semua jenis pelayananya berbasis elektronik, kecuali layanan Kartu Identitas Anak (KIA).Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil sudah menerapkan program Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK). Penerapan E Government mampu meningkatkan kualitas pelayanan setiap tahunnya walaupun prosesnya tidak begitu cepat,dan masyarakat merasa puas terhadap pelayanan yang berbasis elektronik walaupun fasilitas yang kurang memadai. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Mataram