DETAIL DOCUMENT
ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DESTINASI WISATA TAMAN NASIONAL KOMODO DI KABUPATEN MANGGARAI BARAT LABUAN BAJO
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Mataram
Author
SITI, SRI WAHYU HASTUTI
Subject
352 Pemerintah Lokal 
Datestamp
2024-09-10 04:12:10 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis strategi pemasaran destinasi wisata Taman Nasional Komodo dikabupaten Manggarai Barat Labuan Bajo. Penelitian ini, strategi pemasaran diukur dari empat aspek yaitu strategi pemasaran produk, promosi, harga, lokasi. Sedangkan indikator kerja diukur dari tiga aspek yaitu strategi investasi, manajemen, dan bisnis. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara, teknik observasi dan teknik dokumentas. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa strategi pemasaran yang digunakan Wisata Taman Nasional Komodo yaitu menggunakan marketing mix 4P. untuk segi price,place,product,promotion Wisata Taman Nasional Komodo secara umum sudah melakukan strategi sebagaimana teori, tetapi untuk meningkatkan dan perbaikan ada beberapa hal yang perlu di evaluasi dan dibenahi, dari segi price Wisata Taman Nasional Komodo ada beberapa produk atau sewa kapal yang masih relatif mahal khususnya bagi masyarakat menengah bawah. Promotion yang dilakukan Wisata Taman Nasional Komodo juga masih kurang maksimal hal ini ditandai dengan pasifnya terhadap Wisata Taman Nasional Komodo untuk mempromosikan atau kurangnya metode promosi. Penelitian ini menunjukan bahwa analisis strategi pemasaran destinasi wisata Taman Nasional Komodo di Kabupaten Manggarai Barat Labuan Bajo dilihat dari meningkatnya banyak pengunjung yang mengunjungi Taman Nasional Komodo. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Mataram