Abstract :
Pengembangan modul elektronik (E-Modul) ialah media pembelajaran yang memanfaatkan komputer untuk menampilkan teks, gambar, grafik, audio, animasi dan juga video selama proses pembelajaran. Penelitian ini termaksud penelitian pengembangan E-Modul Berbasis Canva Untuk Meningkatkan Keterampilan menyimak Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SDN SAI dengan instrument pengumpulan data yaitu lembar observasi, lembar angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yaitu analisis data untuk ahli validasi media materi, bahasa, analisis kepraktisan, dan analisis keefektifan media.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Media E-Modul Berbasis Canva yang dikembangkan, diperoleh data dari 2 validator ahli media dengan persentase 87,49% kategori sangat valid, 2 validator ahli materi dengan persentase 92,04% pada kategori valid dan 2 validator ahli bahasa dengan persentase 86,25% pada kategori sangat valid, (2) Hasil angket respon siswa diperoleh data persentase dari respon siswa uji terbatas di Kelas V SDN SAI, dengan persentase 94,87% pada kategori sangat praktis. Dengan demikian E-Modul Berbasis Canva yang dikembangkan praktis (3) Keefektifan media E-Modul Berbasis Canva dilihat dari hasil siswa mengerjakan soal tes dan diperoleh data hasil uji lapangan di Kelas V SDN SAI, dengan persetase rata-rata nilai siswa N Gain 80,15% pada kategori Efektif.